Sukses

Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan

Kepastian itu diperoleh atas penglihatan di lapangan oleh komandan unsur yang menyatakan telah menemukan emergency exit door.

Liputan6.com, Jakarta Serpihan demi serpihan yang ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Basarnas memastikan benda-benda tersebut merupakan bagian dari pesawat AirAsia QZ8501.

"Saya pastikan benda-benda itu adalah bagian dari pesawat yang kita cari (AirAsia QZ8501)," kata Kepala Basarnas Bambang Sulistyo di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12/2015).

Kepastian itu, menurut Bambang, diperolehnya atas penglihatan di lapangan oleh komandan unsur yang menyatakan telah menemukan emergency exit door atau pintu keluar darurat.

"Saya memastikan 95% lokasi yang tergambar di foto adalah lokasi serpihan maupun benda yang diduga berasal dari pesawat yang kita cari. Yang 5% karena sampai detik ini saya belum melihat langsung exit emergency door dan yang lain," ujar Bambang.

Bambang kemudian menyimpulkan dari kegiatan operasi ini membuka peluang keberhasilan pada hari ketiga pencarian pesawat dengan rute Surabaya, Jawa Timur ke Singapura itu dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.