Sukses

Mahasiswa Indonesia di Monash Salah Satu Penumpang AirAsia QZ8501

Nama Kevin Alexander Soetjipto tercantum dalam manifes penumpang pesawat AirAsia QZ8501, yang terbang dari Surabaya menuju Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kevin Alexander Soetjipto tercantum dalam manifes penumpang pesawat AirAsia QZ8501, yang terbang dari Surabaya menuju Singapura pada 28 Desember 2014. Ia disebutkan sebagai siswa Universitas Monash Melbourne.

Meski demikian, pihak kampus menyatakan masih menyelidiki kebenaran pemuda asal Malang, yang disebutkan sebagai siswa mereka.

"Monash University saat ini sedang berusaha untuk mengkonfirmasi dengan pihak berwenang, bahwa salah satu siswa kami adalah penumpang AirAsia nomor penerbangan QZ8501. Kami tahu bahwa Kevin Alexander Soetjipto terdaftar dalam manifes penumpang penerbangan dari media," ujar juru bicara universitas yang berada di Melbourne tersebut, dikutip dari ABC radioaustralia.net.au, Selasa (30/12/2014).

"Kami sangat sedih dengan berita soal berita salah satu mahasiswa kami yang berharga ini. Kami akan menawarkan konseling pada teman Kevin dan teman-teman sekelasnya".

"Kami sampaikan duka terdalam bagi para penumpang dan keluarganya yang berada dalam penerbangan tersebut."

Disebutkan media tersebut, mereka sudah menemui salah seorang mahasiswa asal Indonesia yang pernah tinggal dengan Kevin di Melbourne. Ia adalah Samantha Lagaida, mahasiswa Phd di Universitas Melbourne yang pernah tinggal di kos yang sama dengan Kevin selama delapan bulan di kawasan Kew di Melbourne.

"Ketika itu Kevin sedang mengikuti Foundation Studies di Trinity College," kata Samantha.

Foundation Studies adalah masa di mana seorang siswa dari luar negeri menjalani masa penyesuaian sebelum masuk ke perguruan tinggi di Australia. Foundation Studies ini  biasanya berlangsung selama setahun.

Kevin sebelumnya adalah lulusan SMA St Albertus di Malang Jawa Timur, yang lebih dikenal sebagai SMA Dempo, salah satu SMA Katolik terkenal di sana.

Walau sama-sama berasal dari Malang, Samantha mengaku baru saling mengenal setelah di Melbourne. Kevin empat tahun lebih muda darinya.

Menurut keterangan yang didapat Samantha, Kevin sedang dalam perjalanan ke Singapura bersama ayahnya Rudy dan adiknya Cindy Soetjipto.

Pesawat jenis Airbus A320-200 dengan register PK-AXC yang terdapat nama Kevin dalam daftar penumpangnya, dipiloti Kapten Iriyanto dan co-pilot Kapten Remi Emmanuel Plesel. Dengan 4 awak kabin, yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan 1 teknisi bernama Saiful Rakhmad.

Pesawat itu berpenumpang 155 orang (termasuk Kevin). Terdiri atas 138 penumpang dewasa, 16 penumpang anak-anak, dan ‎1 bayi. Penumpang didominasi dari warga negara Indonesia, 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, dan 3 WN Korea Selatan. (Tnt)

Baca: Daftar Nama 155 Penumpang AirAsia QZ8501

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.