Sukses

JK: Kekuatan Pencarian AirAsia QZ8501 Akan Ditambah

JK menyatakan pemerintah akan mengerahkan semua elemen dan peralatan untuk mencari AirAsia di darat dan di laut.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dirinya akan ikut dan memimpin langsung
operasi SAR mencari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak. Menurutnya, pemerintah akan mengerahkan semua elemen dan peralatan untuk mencari di darat dan di laut.

JK menyatakan, Basarnas sampai sore tadi belum berhasil menemukan pesawat yang membawa 155 orang itu.

"Besok kekuatan pencarian ditambah lagi bantu mem-back up secepatnya," kata JK di kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Minggu (28/12/2014).

Pemerintah, kata dia, sudah mendapat bantuan dan tawaran baru dari negara tetangga untuk ikut mencari pesawat tersebut. Dan pencarian itu dilakukan selama 7 hari ke depan. Dari waktu 7 hari itu, baru pemerintah akan memutuskan tindak lanjut pencarian.

"Kita dapat tawaran dari Singapura, Malaysia dan Australia sebagai tanda ikut serta. Waktu pesawat Malaysia hilang kita ikut. Sampai sekarang belum ada info dimana lokasi pastinya. Berlangsung akan sampai minggu depan," beber JK.

Fokus hari ini, menurut JK, ialah tindakan awal operasi. Terkait asuransi adalah urusan Airasia. Meski begitu pemerintah dipastikan akan mengucurkan dana yang dibutuhkan untuk pencarian pesawat itu. Koordinasi pemerintah Indonesia juga sudah dilakukan dengan beberapa negara.

"Menlu sudah komunikasi dan kedutaan mereka sudah datang," ujar JK.

JK mengungkapkan rasa prihatin yang mendalam atas kejadian ini. Menurut JK kemungkinan besar peristiwa hilangnya pesawat tersebut adalah kecelakaan. Dia menyebut para penumpang dan awak pesawat sebagai korban harus ditemukan.

Hal itu didasarkan pada fakta terjadinya hilang kontak selama lebih dari 10 jam.

"Jadi kemungkinan besarnya sudah mengalami kecelakaan. Korban itu luas artinya. Hilang pun disebutnya keluarga korban juga. Saya tidak mengatakan korban meninggal. Korban luas artinya," tutup JK. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.