Sukses

Jalan Berliku Menuju RI-1

Kaleidoskop politik tahun 2014, antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun politik tahun 2014, Indonesia hanya memiliki 2 calon presiden yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Namun menentukan pasangan untuk berlaga  di medan Pilpres 2014 adalah seni tersendiri dengan segala risikonya.

Setelah tarik ulur cukup lama calon presiden yang di usung PDI Perjuangan Joko Widodo akhirnya resmi menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden. Deklarasi pencalonan keduanya digelar di Gedung Joang '45 Jakarta.

Selain PDI Perjuangan, pasangan ini didukung koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Berkaca pada dukungan yang ada, Jokowi optimis mendapatkan Mandat dari rakyat.

Sedangkan calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto akhirnya menetapkan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa utnuk mendampinginya sebagai calon wakil presiden. Keduanya mendeklarasikan diri di rumah Polonia di Jakarta Timur. Rumah Polonia dipilih karena dianggap memiliki akar sejarah kepemimpinan nasional yang kuat, karena pernah ditempati mantan presiden RI yang pertama Presiden Ir. Soekarno.

Saksikan selengkapnya dalam tayangan Catatan Akhir Tahun 2014, di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini