Sukses

Jebolnya Tanggul Lapindo di Titik 73 B Bertambah Parah

Jebolnya tanggul Lapindo kian lebar, lumpur yang melalui titik kebocoran telah menggenangi permukiman di Desa Gempolsari, Sidoarjo, Jatim.

Liputan6.com, Sidoarjo - Aliran lumpur panas dari jebolan tanggul lumpur Lapindo titik 73 B di Sidoarjo, Jawa Timur ini kian deras. Tanggul yang jebol juga semakin lebar. Lumpur yang melalui titik kebocoran ini telah menggenangi permukiman korban lumpur di Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (28/12/2014), lebar jebolan di tanggul lumpur Lapindo titik 73 B ini hampir sama dengan Jebolan di tanggul lumpur Lapindo titik 73 A, yakni sekitar 7 meter. Sedang jebolan tanggul lumpur Lapindo di sebelah titik 73 B diperkirakan sekitar 5 meter.

Pihak Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) sendiri baru mengetahui jebolan ini pada Sabtu 27 Desember petang. Dengan adanya tambahan dua kebocoran tersebut, total kebocoran tanggul lumpur Lapindo di titik 73 menjadi tiga tempat.

Jebolnya 3 titik di tanggul penahan lumpur Lapindo ini otomatis membuat BPLS Siaga dan kini terus dipantau kondisi tanggul yang kini kritis. Lainnya termasuk yang berdekatan dengan jalan raya dan rel kereta api, menyusul tingginya intensitas hujan di wilayah Sidoarjo akhir-akhir ini. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini