Sukses

Dalang Keberangkatan 6 Terduga ISIS ke Suriah Dibekuk

Polisi menyatakan dalang tersebut yang mendatangkan 8 orang terduga ISIS dari Makasar.

Liputan6.com, Jakarta - Tim kepolisian dari Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap MA alias AM yang diduga menjadi otak bagi 6 WNI yang hendak berangkat ke Suriah. Keenam WNI itu diduga hendak bergabung dengan organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

"MA alias AM ini menyiapkan fasilitas untuk 6 WNI berangkat ke Suriah. MA ini seperti promotor mereka lah. Sudah dilakukan penangkapan dan penyitaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Menurut Rikwanto, MA alias AM adalah orang yang mendatangkan 6 orang tersebut dari Bulukumba, Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka dibawa ke Jakarta sejak 23 Desember 2014, dan baru diberangkatkan ke Suriah pada Sabtu dini hari tadi.

"Mereka ditampung di sebuah rumah di kawasan Cibubur. Kita sudah melakukan pemeriksaan tempat mereka ditampung," ungkap Rikwanto.

Rikwanto menambahkan, pihaknya terus mendalami kasus ini untuk mencari dalang sesungguhnya serta apakah benar akan bergabung dengan ISIS.

"Semua masih kita dalami, apakah benar akan ikut ISIS dan siapa yang ikut mensponsori selain MA alias AM," tandas Rikwanto.

6 Warga negara Indonesia (WNI) ditangkap di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dini hari tadi. Mereka dicokok ketika hendak terbang menuju Suriah dengan menggunakan pesawat Qatar Airlines 959 via Doha, Qatar. (Ali/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.