Sukses

2 Kemajuan Ilmu Pengetahuan Berkat Tsunami Aceh 2004

Tsunami di Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 adalah salah satu bencana terbesar yang menimpa umat manusia. Ada hikmah di balik itu.

Liputan6.com, San Francisco - Tsunami di Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 adalah salah satu bencana terbesar yang menimpa umat manusia sepanjang sejarah. Gelombang raksasa menghantam pantai-pantai di Asia -- Tenggara dan Selatan -- serta Afrika Timur nyaris  tanpa peringatan apapun. Sebanyak 243 ribu nyawa terenggut. Indonesia, Sri Lanka, Thailand, dan India mengalami kehancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Apapun, selalu ada hikmah di balik bencana. Tragedi itu meningkatkan kesadaran terhadap tsunami. Sejumlah negara bahkan mengeluarkan dana untuk riset dan perbaikan sistem peringatan dini.

Kini, 10 tahun berlalu, jaringan monitor seismik dan pemasangan buoy tsunami diperluas untuk mewaspadai datangnya gelombang mematikan lain di Samudara Hindia, di Pasifik, maupun di Lautan Karibia. Faktanya, para ahli kini bisa memperkirakan tsunami akan menerjang -- beberapa jam sebelum ombak raksasa pertama datang.

Namun, masih ada rintangan dalam rangka menyelamatkan nyawa siapapun yang terancam tsunami. Misalnya, kurangnya sistem peringatan yang akan membantu mereka yang membutuhkan untuk mencari perlindungan. Untuk menjauh dari pantai.

"Jadi, kami harus menyiapkan masyarakat agar mereka bisa menafsirkan tanda-tanda alam agar selamat," kata Mike Angove, kepala program tsunami National Oceanic and Atmospheric Administration's (NOAA).

Pada 2004, gelombang tsunami menerjang pesisir Sumatera hanya 9 menit setelah gempa 9,1 skala Richter berhenti berguncang.

Selanjutnya: Sistem Peringatan Dini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Peringatan Dini

Sistem Peringatan Dini

Sejak 2004, para ahli geologi menemukan bukti berupa deposit pasir yang dielak paksa oleh gelombang raksasa -- yang dipicu gempa selama ribuan tahun di sebuah gua di Sumatera. Merekam kejadian tsunami.

Ternyata, kejadian tsunami tak jarang terjadi di Samudera Hindia. "Setidaknya ada 5 kejadian fatal yang terjadi di perairan Sumatera sebelum 2004," kata Paula Dunbar, seorang ilmuwan di Pusat Data Geofisika Nasional NOAA. Dan selama 300 tahun terakhir, 69 tsunami terjadi di Samudera Hindia.

Meski berisiko, sebelumnya tak ada sistem peringatan dini tsunami di wilayah yang terancam terdampak. Kini, jaringan peringatan senilai US$ 450 juta telah beroperasi -- yang terdiri dari 140 seismometer, sekitar 100 alat pengukur permukaan laut dan beberapa pelampung (buoy) yang mendeteksi tsunami -- walau masih menemui sejumlah kendala.

Sejumlah buoy yang dipasang menjadi target vandalisme, atau tak sengaja rusak. Padahal pelampung tersebut dan juga alat pengukur punya arti penting untuk membantu mendeteksi, apakah sebuah gempa memicu tsunami.

Jaringan global Deep-Ocean Assessment and Reporting of Tsunami (DART) yang mendeteksi gelombang tsunami juga telah diperluas, dari 6 buoy pada 2004 menjadi 60 pada 2014.

Pusat peringatan tsunami regional juga telah dibangun di Australia, India dan Indonesia. Para ilmuwan di sana memutuskan apakah tsunami berpotensi terjadi berdasarkan informasi dari jaringan sensor, memperkirakan seberapa besar gelombang, lalu memperingatkan pemerintah -- yang akan menindaklanjuti dengan cara memberikan peringatan lewat sirine, TV, radio, dan pesan singkat.

Memberikan peringatan pada orang-orang yang tinggal di area terpencil adalah salah satu yang masih jadi kendala sistem baru itu. Tak semua peringatan sampai ke entitas masyarakat lokal. Dan tak setiap gempa yang berpotensi tsunami bisa membuat takut orang-orang. Untuk membuat mereka menjauh dari pantai.

Di Pulau Mentawai, Sumatera, pada 2010 terjadi tsunami yang menewaskan lebih dari 400 orang. Salah satu penyebabnya, warga tak berhasil mengevakuasi diri pada waktu jeda yang sangat singkat -- di antara gempa dan datangnya tsunami. Rupanya guncangan kala itu tak cukup kuat untuk membuat masyarakat di sana khawatir. Beda dengan yang terjadi pada 2007 kala warga ramai-ramai mengevakuasi diri. Demikian hasil investigasi Tsunami Research Center di University of Southern California. Juga tak ada peringatan jelas saat itu.

"Gempa tsunami masih tetap menjadi tantangan besar," kata Emile Okal, seismolog dari Northwestern University di Evanston, Illinois, AS pada pertemuan harian American Geophysical Union di San Francisco.

Selanjutnya: Hitungan Jam ke Menit...

3 dari 3 halaman

Hitungan Jam ke Menit

Dari Hitungan Jam ke Menit

Rintangan lain adalah bagaimana memperkirakan secara akurat ayunan gelombang tsunami. Tsunami 2004 memantul dari Aceh ke sejumlah pantai -- bahkan di lokasi yang tak dikira seperti Sri Lanka dan barat Australia.

"Aku menemukan sebuah perahu di tengah jalan, baru saat itu saya menyadari tsunami terjadi," kata Charitha Pattiaratchi, ahli tsunami dari University of Western Australia yang sedang mengendarai mobil di jalanan Sri Lanka pada 26 Desember 2004. "Saat itu aku menyimpulkan kondisi aman, dan aku salah."

Pattiaratchi lantas kembali ke Colombo, berkata pada orang-orang untuk tak khawatir. Tak ada ombak yang akan datang, kondisi aman. "Namun 20 menit kemudian, ombak 7 meter datang. Dua jam kemudian masih ada gelombang lain menerjang."

Sebuah peringatan tsunami bisa dikeluarkan hanya 5 menit setelah gempa bawah laut membuat dasar laut naik atau turun sehingga memicu tsunami. Untuk membuat prediksi makin detil, para ilmuwan menggunakan data yang dikumpulkan dari seismometer, stasiun GPS, alat pengukur pasang, dan sistem pelampung (buoy)  yang disampaikan ke pusat-pusat peringatan lewat satelit. Lalu model komputer akan mengubah data menjadi simulasi satelit yang rinci, yang berdasarkan lebih dari 2.000 contoh nyata.

"Tsunami seperti menjatuhkan batu ke kolam. Riak yang ditumbulkan tak seragam, dipengaruhi pegunungan dan lembah dasar laut," kata Eddie Bernard mantan direktur Pacific Marine Environmental Lab NOAA.

Setelah gempa membuat Bumi gonjang-ganjing, para ilmuwan pusat tsunami NOAA menghabiskan waktu sejam berikutnya untuk membuat perkiraan tsunami rinci, termasuk ke mana saja ia akan memantul. Hasilnya memproyeksikan kapan ombak akan tiba di garis pantai dan pelabuhan, memperkirakan arus tsunami yang disebabkan dan mengukur ketinggian gelombang.

NOAA berambisi untuk mengurangi waktu yang diperlukan secara dramatis. "Kita sekarang pada titik di mana kita ingin melakukannya semua itu dalam 5 menit," kata Vasily Titov, direktur Center for Tsunami Research NOAA.

Caranya adalah dengan membangun jaringan seismik yang lebih baik, mendapatkan cara mendapatkan respons yang lebih cepat dari sensor permukaan laut dan mempercepat perkiraan komputer.

"Ketika tiga komponen ini bisa didapatkan, maka kita akan bisa menyelamatkan semua orang," kata Titov. (Ein/Riz)

Baca juga: 25 Renungan Tsunami Aceh yang Membuat Hati Kita Bergetar...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.