Sukses

Top 5 News: 5 Kisah Menakjubkan Tsunami Aceh Bikin Penasaran

Simak selengkapnya Top 5 kanal News Liputan6.com edisi Jumat 26 Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan 10 Tahun Tsunami berlangsung penuh keharuan di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Jumat kemarin. Perayaan ini sekaligus menandai kebangkitan warga Aceh. Terlebih, bencana tsunami Aceh 26 Desember 2004 menyisakan kisah menakjubkan dari sejumlah korban yang selamat.

Berita itu ternyata paling membuat penasaran para pembaca situs kesayangan Anda, terutama di kanal News Liputan6.com. Selain itu ada 4 berita lain yang juga menarik perhatian. Terutama, foto selfie paling kontroversial sepanjang 2014.

Berikut Top 5 News edisi edisi Jumat 26 Desember 2014:

1. 5 Kisah Menakjubkan Tsunami Aceh

Gempa besar disusul gulungan air laut meluluhlantakan Aceh 10 tahun lalu. Bencana tsunami 26 Desember 2004 itu pun menyisakan kisah menakjubkan dari sejumlah korban yang selamat.

Simak selengkapnya di sini

2. 25 Renungan Tsunami Aceh yang Membuat Hati Kita Bergetar...

Minggu pagi 26 Desember 2004, tak ada yang menyadari sebuah peristiwa kolosal sedang terjadi di dasar Samudera Hindia, lepas pantai Sumatera. Di dasar Bumi, di kedalaman 30 kilometer, lempeng Hindia disubduksi oleh lempeng Burma. Akibatnya sungguh tak terbayangkan.

Saat jarum jam menunjuk ke pukul 07.58 WIB, gempa dengan kekuatan 9,1 skala Richter terjadi. Pulau Sumatera berguncang hebat, terutama di Aceh. Lindu kencang selama 10 menit memicu kepanikan, kendaraan-kendaraan dihentikan di tengah jalan, mereka yang sedang olahraga pagi tiarap bahkan berbaring di trotoar atau aspal.

Bingung, kalut, orang-orang hanya bisa bertanya-tanya: apa yang sedang terjadi? Lainnya pasrah dan berserah diri, dengan bibir yang terus bergerak melafalkan doa-doa dan menyerukan asma Allah.

Saking kuatnya, dunia ikut berguncang, dalam arti sebenarnya. Ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut, gempa berdampak pada rotasi Bumi, memperpendek durasi satu hari selama 2,68 mikrodetik, sedikit mengubah bentuk planet manusia, dan menggeser Kutub Utara beberapa centimeter,

Ternyata, itu baru permulaan...

Berita selengkapnya klik di sini

3. 7 Pembunuhan Sadis Sepanjang 2014

Kasus pembunuhan selalu mewarnai pemberitaan dari tahun ke tahun. Sepanjang 2014 tidak sedikit kasus pembunuhan sadis yang menggemparkan publik terjadi. Bahkan pada tahun ini pembunuhan sadis tersebut dialami WNI yang berada di luar negeri.

Sebut saja kasus Mayang Prasetyo, transgender asli Palembang, Sumatera Selatan ini dibunuh dan dimutilasi suaminya Marcus Peter Volke di apartemennya Teneriffe, Queenslan, Australia. Ada juga kasus pembunuhan yang tak kalah sadis yang dialami 2 TKI di Hong Kong, yakni Sumarti Ningsih asal Cilacap dan Jesse Lorena alias Seneng Mujiasih asal Sulawesi.

Selengkapnya klik tautan ini

4. ISIS Ancam Bantai TNI dan Polri

Panglima TNI Jenderal Moeldoko secara personal meminta Kepala Kerja Sama Militer AS Jenderal Martin E Dempsey mengizinkan pejabat tinggi TNI ikut berpartisipasi sebagai peninjau dalam Gugus Tugas anti-ISIS di Washington. Pernyataan itu pun menyulut militan ISIS melancarkan ancaman yang ditujukan kepada TNI dan Polri.

Dalam video berdurasi 4 menit 1 detik yang diunggah di Youtube, seorang pria berjenggot menantang Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Polri untuk memerangi ISIS. Pria berjaket loreng itu diketahui bernama Abu Jandal Al Yamani Al Indonesi.

Beriita lengkapnya klik tautan ini

5. 12 Foto Selfie Paling Kontroversial 2014

Sejarah mencatat, foto narsis pertama dibidik oleh Grand Duchess Anastasia Nikolaevna, putri keempat Tsar Rusia Nicholas II pada 1913. -- 5 tahun sebelum kematiannya yang tragis. Kala itu ia menggunakan Kodak Brownie, kamera yang dirilis pada 1900, dengan sebuah cermin.

Kini, seiring kemajuan teknologi kamera, selfie atau swafoto, dalam bahasa Indonesia, sudah jadi fenomena global. Hasil bidikan foto narsis itu membanjiri internet dan jejaring sosial.

Namun, sejumlah hasil jepretan justru menuai kontroversi karena dilakukan pada waktu dan tempat yang tak sepatutnya. Misalnya, orang yang cuek ber-selfie dengan wajah ceria di TKP penyanderaan di Sydney, Australia yang menewaskan 3 orang termasuk pelaku, atau seorang remaja yang mengabadikan fotonya sendiri di depan peti mati kerabatnya.

Berikut lanjutan beritanya di sini

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.