Sukses

Bendung Katulampa Siaga III, Warga Jakarta Waspada Banjir

Warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung diminta berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat kembali naik mencapai ketinggian 100 cm atau status Siaga III.

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan diangka 30 cm pada pukul 15.00 WIB. Namun, sekitar pukul 16.00 WIB ketinggian air naik kembali.

Tinggi muka air (TMA) akhirnya terus meningkat pada pukul 17.00 WIB di angka 100 cm. Jika di angka 100 cm atau dilevel Siaga III tersebut diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Ini disebabkan karena wilayah Puncak diguyur hujan sejak siang hari," jelasnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/12/2014).

Pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini," imbaunya.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas lebat masih mengguyur Puncak dan sekitarnya. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Ado/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini