Sukses

Pesawat AirAsia QZ8501 Hilang, Kisah 'Gaib' Korban Tsunami

Kisah-kisah menakjubkan para korban yang selamat dari tsunami Aceh menjadi salah satu berita terpopuler di Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia QZ8501 hilang kontak secara misterius. Sejumlah penumpang dan awak pesawat sempat memberikan kata-kata terakhir. Saat peringatan 10 tahun tsunami Aceh, ada kisah menakjubkan para korban selamat.

Selain itu, gaya Ibu Negara Iriana Jokowi bak anak kuliahan juga menyedot perhatian pembaca. Dari dunia internasional, seorang penumpang menyiram air panas ke pramugari AirAsia Thailand pun bikin penasaran.

Berikut Kaleidoskop News Desember 2014:

1. Kata-kata Terakhir dari Mereka yang Berada di AirAsia QZ8501

AirAsia QZ8501 hilang kontak secara misterius dalam perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Singapura pada Minggu 28 Desember 2014. Sebelum menghilang, sejumlah penumpang dan awak pesawat sempat memberikan kata-kata terakhir, baik di media sosial maupun menyampaikan secara langsung pada orang terdekat.

Bahkan ada juga di antara mereka yang sempat mengabadikan momen sebelum pesawat tinggal landas dan menghilang. Seperti yang tergambar dalam potret akun BBM Gusti Made Bobi Sidharta.

 

2. Kisah Umi Diselamatkan Seekor Ular saat Tsunami Aceh

Gempa Terdahsyat Abad 21

Umi Kalsum (58), yang dikenal dengan panggilan Mak Sum selamat dari maut berkat bantuan seekor ular. Pada Minggu pagi 26 Desember 10 tahun silam, Umi Kalsum menuturkan, ia sedang asyik menanam bunga di perkarangan rumahnya di Desa Alu Naga, Kabupaten Aceh Besar. Namun tiba-tiba bumi bergoyang dihempas gempa berkekuatan 9,1 skala Richter. Beberapa menit setelah gempa orang berlarian sambil berteriak air laut naik.

Belum jauh Umi berlari, tiba-tiba tubuhnya terhempas gelombang tsunami. Umi Kalsum pun hilang kesadarannya karena terombang-ambing gelombang pekat tsunami. "Saya sadar pertama sudah di jembatan ini (Jembatan Kajhu), ya subhanallah mulut ular itu di depan mata saya, tubuh saya itu dililitnya," ujar Umi Kalsum dalam bahasa Aceh.

>>Next>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3-4

3. Gaya Ibu Negara Iriana Jokowi Selempangkan Tas

Ibu Negara Iriana menemani Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi ibu negara sudah lumrah. Tapi yang tak biasa adalah penampilan wanita orang nomor satu di Indonesia itu. Kali ini, Iriana Jokowi tampil dengan gaya berbeda dari sebelumnya, yakni menyelempangkan tas yang dibawanya. Hal ini baru pertama kali dilakukannya.

Karena perjalanan jauh, istri pria yang akrab disapa Jokowi itu lebih nyaman jika menyelempangkan tasnya. Gaya seperti itu membuat Iriana seperti anak kuliahan.

4. Juara Umum AARM, Kopassus Bikin 'Ngeri' Negara Tetangga

Tim Kopassus juara umum AARM

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menunjukkan taringnya di hadapan negara tetangga. Taring itu ditunjukkan TNI Angkatan Darat dengan menjadi juara umum di kompetisi tahunan di ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-24  yang digelar di Vietnam. Total ada 60 anggota TNI AD mengikuti AARM di Vietnam dengan berbagai kategori.

Dari 60 anggota TNI AD, ada sebanyak 37 anggota satuan dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bergabung dalam kontingen TNI yang dipimpin oleh Mayor Infanteri Faisal Izudin. Mayor Faisal menyatakan anggotanya mampu membabat habis semua kategori yang ada di AARM 24. Mulai perorangan maupun kelompok.

>>Next>>

3 dari 3 halaman

5-6

5. Blusukan dari Pagi Hingga Sore, Jokowi Ditegur Gubernur NTT

Presiden Jokowi.

Sekitar pukul 10.00 WITA, sebuah helikopter TNI-AU membawa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dari Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju Atambua, daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Blusukan ke loket-loket pelayanan itu dimulai dari pagi hingga sore hari.

Ketika matahari semakin terik dan waktu telah menunjukkan pukul 14.00 WITA, Jokowi tetap sibuk blusukan ke beberapa loket pelayanan, yakni imigrasi, karantina, bea cukai, dan kepolisian. Melihat Presiden ke-7 RI itu lupa waktu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengingatkan bahwa rombongan sejak pagi tadi tak pernah berhenti beristirahat.

Mendengar itu, Presiden Jokowi pun menepok jidat karena menyadari ia dan rombongan belum makan makan siang. "Waduh. Lupa saya," kata Jokowi sambil tertawa di tengah-tengah blusukan, Sabtu (20/12/2014).

6. Penumpang Siram Air Panas ke Pramugari, AirAsia Balik Arah

Penumpang Siram Air Panas ke Pramugari, AirAsia Balik Arah

Insiden mengejutkan terjadi di dalam pesawat maskapai AirAsia yang terbang dari Bandara Dong Mueang, Bangkok, Thailand menuju Nanjing, China. Seorang penumpang menyiram air panas ke pramugari. Seperti dimuat Straits Times, awalnya penerbangan pesawat AirAsia Thailand dengan nomor FD9101 pada Kamis 11 Desember pukul 05.55 waktu setempat itu berjalan lancar. Tapi tak lama kemudian, seorang penumpang wanita kesal karena tak duduk berdekatan dengan pasangannya.

Perempuan tersebut kemudian melampiaskan kekesalannya dengan menyiram air panas ke arah pramugari. Air panas itu sebelumnya diminta si pelaku kepada awak kabin untuk meredam mi instan. Suasana saat itu langsung kacau balau. Atas kejadian tersebut, pilot pesawat terpaksa memutar balik pesawat dan membawa kapal terbang kembali ke Bandara Dong Mueang.

Lihat motion graphics Kaleidoskop News Desember 2014 di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.