Sukses

Ribuan Kendaraan Padati Dermaga Pelabuhan Merak

Secara umum penyeberangan Merak-Bakauheni lancar, meski terjadi antrean sejak Rabu malam hingga sore ini.

Liputan6.com, Cilegon - Ribuan kendaraan memadati 6 dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, menunggu untuk diseberangkan dengan kapal ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada libur Natal dan menjelang Tahun Baru 2015.

Kendaraan yang sebagian besar berisi pemudik itu mengentre tertib mulai pintu gerbang hingga pelataran dermaga I hingga VI untuk menunggu giliran naik ke atas kapal.

"Untuk bus dan truk masih terhitung normal. Kenaikan yang terlihat pada penumpang pejalan kaki, kendaraan roda 2 dan roda 4 pribadi hampir 100 persen peningkatannya," kata Mario S Oetomo, Humas ASDP Cabang Merak, Kamis (25/12/2014).

Peningkatan ini di dominasi oleh kendaraan roda dua, roda empat dan pejalan kaki. Guna mengantisipasi penumpukan penumpang di Pelabuhan Merak, pihak pengelola ASDP Cabag Merak mengoperasikan 28 kapal roro  yang akan menempuh 98 perjalanan.

"Peningkatan penumpang ini kemungkinan akan terus terjadi, karena bertepatan dengan momen Natal dan Tahun Baru," terangnya.

Jumlah kendaraan dan penumpang yang disebrangkan oleh pihak ASDP cabang Merak sejak Rabu malam hingga hari ini berjumlah 8.088 penumpang pejalan kaki, jika dihari biasa hanya berjumlah 4 ribu orang.

Sedangkan untuk kendaraan roda 2 yang menyeberang mencapai 1.849 unit dan roda 4 pribadi 3.962 unit. Pada hari biasa, jumlah kendaraan roda 2 yang menyeberang sebanyak 800 unit, dan roda 4 sebanyak 1.700 unit. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini