Sukses

Wisatawan Serbu Puncak untuk Liburan, Lalu Lintas Macet

Untuk mengurai kepadatan, Satlantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah menuju Puncak.

Liputan6.com, Bogor - Libur Natal dimanfaatkan sebagian orang berwisata di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di kawasan ini, kendaraan dengan pelat nomor B asal Jakarta sudah mulai memadati jalan sejak pukul 07.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com Kamis (25/12/2014), di Pospol Gadog, ribuan kendaraan sudah mengular dari Pintu Tol Ciawi hingga wilayah Megamendung. Kepadatan terjadi karena adanya perbaikan jalan yang beberapa waktu lalu terjadi longsor tepatnya setelah Jembatan Gadog.

Untuk mengurai kepadatan, jajaran Satuan Lalu Lintas (Satsalantas) Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah menuju Puncak. Kendaraan dari arah Puncak yang mengarah ke Jakarta, tepatnya di Riung Gunun‎g ditutup. Kemudian dari kendaraan dari arah Jakarta diberlakukan 2 jalur.

Menurut Petugas Pospol Gadog ‎Aiptu Subandi, terjadi peningkatan volume kendaraan saat libur Natal sehingga arus lalu lintas padat. Ada beberapa titik-titik macet seperti di pertigaan Jembatan Gadog, Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Taman Safari, dan jalan menuju Warung Kaleng.

‎"Sekitar 250 personel lalu lintas diturunkan untuk mengurai kemacetan di titik-titik kepadatan lalu lintas," papar Subandi.

Dia mengimbau pengendara berhati-hati selama melakukan perjalanan di kawasan Puncak. Terutama di titik-titik rawan kemacetan dan juga longsor. Ditambah bila cuaca sedang buruk, kabut akan menyelimuti kawasan Puncak sehingga jarak pandang akan terbatas.

"Diperkirakan arus kendaraan akan meningkat pada sore hari, mengingat banyak orang yang akan menghabiskan hari libur dari hari Sabtu hingga hari Minggu," kata dia.

Akibat antrean kendaraan yang mengular, jalur keluar tol Gadog begitu padat. Pengguna jalan, Samsudin (40) mengaku kesal karena terjebak kepadatan lalu lintas.‎

"Saya memang sengaja mau liburan ke Puncak sampai tahun baru nanti," ujar dia.

Dia berharap, menjelang malam pergantian tahun, jalur Puncak tidak macet. "Mudah-mudahan petugas lalu lintas bisa memberikan solusi yang terbaik jelang malam pergantian tahun ini, karena mereka yang tahu bagaimana seharusnya agar jalur Puncak itu tidak macet dan aman," pungkas Samsudin. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini