Sukses

Kisah Umi Diselamatkan Seekor Ular saat Tsunami Aceh Paling Hits

Simak selengkapnya Top 5 kanal News Liputan6.com edisi Rabu 24 Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kisah yang terjadi 10 tahun lalu, saat gelombang tsunami meluluhlantakkan Aceh. Namun banyak juga kisah gaib di luar nalar manusia, seperti yang dialami Umi Kalsum (58). Nenek berusia 58 tahun yang dikenal dengan panggilan Mak Sum ini selamat dari maut berkat bantuan seekor ular.

Tulisan itu ternyata paling menyedot perhatian para pembaca situs kesayangan Anda, terutama di kanal News Liputan6.com. Selain itu ada 4 berita lain yang juga menarik perhatian. Terutama, artikel 5 Politisi Mendadak Ngetop pada 2014.

Berikut Top 5 News edisi edisi Rabu 24 Desember 2014:

1. Kisah Umi Diselamatkan Seekor Ular saat Tsunami Aceh

Pada Minggu pagi 26 Desember 10 tahun silam, Umi Kalsum menuturkan, ia sedang asyik menanam bunga di perkarangan rumahnya di Desa Alu Naga, Kabupaten Aceh Besar. "Saya memang suka bunga sejak dari gadis," ujar Umi, Rabu (24/12/2014).

Namun tiba-tiba bumi bergoyang dihempas gempa berkekuatan 9,1 skala Richter. Beberapa menit setelah gempa orang berlarian sambil berteriak air laut naik. "Mak jangan lari, kata anak saya, itu air laut sudah naik. [Tapi] Saya lari sama cucu saya yang saat itu umurnya 5 tahun," cerita Umi.

Simak selengkapnya di sini

2. 14 Harta yang Melekat di Jasad Korban Tsunami 2004

Sebanyak 230 ribu orang tewas hari itu, Minggu 26 Desember 2004, saat 2 lempeng bawah laut di lepas pantai barat Sumatera bersubduksi, mengguncang Bumi selama 10 menit dengan kekuatan setara 2 juta bom atom.

"Dimulai dari Banda Aceh dan berakhir di area dekat Myanmar," kata  Daniel Jaksa, salah satu direktur Joint Australian Tsunami Warning Centre, seperti Liputan6.com kutip dari Daily Mail, Rabu (24/12/2014).

Berita selengkapnya klik di sini

3. Dahsyatnya Tsunami Aceh, Kubah Masjid 80 Ton Terseret 2,5 KM

Tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 memang menjadi bencana terbesar di abad ke-21. Jejak kedahsyatan gelombang tsunami yang menelan ratusan ribu korban jiwa itu bahkan masih bisa disaksikan hingga hari ini.

Salah satu bukti kedahsyatan itu adalah berpindahnya kubah masjid berbobot 80 ton di Desa Gurah, Peukan Bada, Aceh Besar. Kubah yang kini dikenal dengan nama Masjid Al-Tsunami ini dulunya merupakan kubah masjid Jamik di Desa Lamteungoh, Peukan Bada, Aceh Besar.

Selengkapnya klik tautan ini

4. Sesaat Sebelum Dibakar, Kakek Tua Bangkit dari Kematian

Kakek Deepak Singh bangkit dari kematian di saat yang tepat. Beberapa saat sebelum prosesi pembakaran jasadnya dimulai.

Cerita itu berawal saat si kakek yang pamit untuk memberi makan sapi-sapinya mendadak jatuh tak sadarkan diri, di dekat rumah yang berada di Kota Bhilwada di barat laut India, Rajasthan.

Selengkapnya klik tautan ini

5. 5 Politisi Mendadak Ngetop pada 2014

Tahun politik 2014 tak cuma melahirkan pasangan presiden dan wakil presiden baru saja. Sederet tokoh juga 'terlahir' pada tahun ini.

Mereka yang sebelumnya kurang menonjol kini mendadak populer. Penyebabnya macam-macam. Seperti Ceu Popong yang popularitasnya melejit saat pimpin paripurna perdana DPR periode 2014-2019.

Berikut lanjutan beritanya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.