Sukses

Pesan Damai Natal Paus Fransiskus untuk Timur Tengah

Paus Fransiskus menulis surat yang berisi pesan solidaritas dan perdamaian antar umat beragama.

Liputan6.com, Vatican City - Menjelang Hari Natal, Paus Fransiskus menulis surat untuk umat Nasrani di Timur Tengah. Sebuah surat yang berisi pesan solidaritas dan perdamaian antar umat beragama.

Dalam suratnya Paus menyatakan keprihatinannya atas penderitaan yang terus dialami banyak warga di Timur Tengah akibat perang dan guncangan kelompok militan.

"Pelecehan, kekerasan, dan tindakan yang tak berprikemanusiaan masih merajalela," ujar Paus, seperti dimuat situs Vatican Today, Rabu (24/12/2014), 

Pemimpin tertinggi Takhta Vatikan itu mengaku sangat prihatin dengan nasib anak-anak, ibu-ibu, orangtua, tunawisma, dan para pengungsi yang terkena dampak perang dan serangan.

Paus juga mengecam maraknya perdagangan senjata yang digunakan untuk aksi kekerasan demi memenuhi nafsu berkuasa dari segelintir pihak. Dia juga meminta pemimpin negara di Timur Tengah untuk lebih peduli dengan kaum minoritas.

"Semoga saudara-saudara sekalian diberikan kekuatan dalam menghadapi beratnya cobaan ini. Kuatkanlah iman kalian," ujar pria yang dikenal hidup bersahaja itu.

Pada Hari Natal, umat Kristen di Timur Tengah biasanya ramai-ramai berkumpul di Betlehem, Tepi Barat, Palestina. Sejumlah pria memakai baju  sinterklas sebelumnya tengah membagikan hadiah kepada anak-anak di kota budaya dan wisata tersebut. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini