Sukses

Inilah Lokasi yang Bakal Dikunjungi Jokowi di Papua

Presiden Jokowi direncanakan akan menghadiri pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka adat di Universitas Cenderawasih, Papua.

Liputan6.com, Jayapura - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menghadiri acara Natal Nasional 2014 di Lapangan Mandala Jayapura pada 27 Desember mendatang. Selain menghadiri perayaan Natal, Jokowi juga akan melakukan kunjungan dan pertemuan dengan berbagai pihak selama berada di Bumi Cenderawasih.

Sekretaris Daerah Provinsi Papua Heri Dosinaen mengatakan, Presiden Jokowi direncanakan akan menghadiri pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka adat setempat di Universitas Cenderawasih.

"Setelah itu dijadwalkan melakukan pertemuan dengan relawan Jokowi di Gor Waringin Kotaraja. Selanjutnya mengunjungi pembangunan Jembatan Holtekamp dan beberapa titik pasar tradisional yang berada di Kota Jayapura," ujar Heri Dosinaen di Jayapura, Selasa (23/12/2014).

Untuk itu imbuh Heri, jajaran Pemerintah Provinsi Papua terus berkoordinasi dengan protokoler dari kepresidenan. Pada Selasa malam, mereka juga menggelar rapat dengan sejumlah instansi terkait.

"Kami berharap seluruh elemen masyarakat dengan penuh sukacita menyambut kedatangan Presiden," ucap Heri.

Natal Nasional yang baru pertama kali digelar di Papua ini diharapkan dapat menumbuhkan gerakan baru untuk melihat provinsi tersebut lebih komprehensif dalam pembangunannya.

"Pemerintah pusat juga diminta untuk melihat kondisi riil di Papua yang selama ini seolah terbungkam dan tertutup dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia," papar Heri.

Menurut dia, pemprov setempat juga berharap ada perhatian lebih dalam pembangunan di Papua. Apalagi setiap kabupaten di daerah ini kondisinya berbeda dengan kabupaten lainnya. Misalnya saja wacana pembangunan tol laut yang akan dibangun hingga ke Sorong, diharapkan dapat dibangun hingga ke Depapre, lokasi pelabuhan untuk Jayapura.

Persiapan Acara

"Persiapan kedatangan Jokowi telah 80% dan kami terus melakukan pemantauan kesiapan. Apalagi sejumlah tamu negara akan ikut ambil bagian dalam perayaan Natal ini. Dijadwalkan 400 ribu undangan akan memenuhi lapangan tersebut," ungkap Heri.

Selain di Jayapura, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi Wamena dan Sorong. Di Wamena, Jokowi dikabarkan hanya berkunjung selama 3 jam, yakni melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh adat dan masyarakat di Gedung Hukum Yarek dan mengunjungi Museum Masakut.

Ketua Barisan Relawan Jokowi for Presiden, Yakoba Lokbere mengatakan dalam penyambutan Jokowi di Wamena, dipastikan tidak ada upacara bakar batu seperti yang biasa dilakukan secara adat dalam penyambutan kedatangan pimpinan.

"Ini dikarenakan padatnya kegiatan Jokowi dan juga menyangkut tentang keadaan cuaca yang cepat berubah untuk daerah pegunungan Papua," ungkap dia.

Yakoba pun berharap kedatangan Jokowi dapat disambut dengan kegembiraan kepada semua pihak. Terlebih, kemenangan Jokowi menjadi presiden didukung oleh barisan relawan dan juga masyarakat Papua secara keseluruhan.

"Dalam kunjungannya ke Papua, kami akan memberikan sejumlah poin catatan kepada Presiden, salah satunya adalah melakukan pembangunan nyata bagi Papua. Apalagi visi dan misi Presiden jelas akan membuka keterisolasian Papua, salah satunya juga menekan tingginya harga untuk wilayah pegunungan tengah Papua, supaya dapat setara harganya dengan wilayah lain di Indonesia," pungkas Yakoba Lokbere.

Lokasi Natal Bersama Dipindah

Acara Natal Nasional 2014 akan digelar pada 26 dan 27 Desember 2014. Jokowi dan beberapa menteri akan menghadiri acara ini.

Heri mengatakan lapangan Papua Bangkit agak terbuka dan rawan gangguan keamanan. Panitia pun berinisiatif untuk memindahkan acara ke Stadion Mandala yang tertutup dan lebih mudah dipantau.

"Pemindahan juga dilakukan agar komunikasi Jokowi dengan umat yang hadir bisa lebih lancar," ujar Heri. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini