Sukses

Bahu Jalan di Gadog Longsor, Jalur Puncak Macet

Kondisi cuaca di kawasan Puncak juga tengah diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Liputan6.com, Bogor - Bahu jalan di Desa Pandansari, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami longsor. Hal ini membuat jalan alternatif menuju daerah wisata Puncak menyempit.

Akibatnya, arus lalulintas di jalur Puncak, Bogor, mengalami kemacetan panjang. Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Bogor, Iptu Surahmat mengatakan, kemacetan sudah terjadi sejak pukul 11.30 WIB.

"Ini (kemacetan) terjadi karena ada bahu jalan di dekat Jembatan Gadog mengalami longsor. Kami langsung menaruh pembatas dan tanda peringatan kepada para pengendara," kata Surahmat di Pospol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/12/2014).

Surahmat mengatakan, kepadatan tak terhindarkan, baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun dari arah sebaliknya. Kemacetan diperparah dengan adanya rombongan klub angkutan kota (angkot) yang berkonvoi menuju kawasan Puncak.

"Ada sekitar 300 angkot yang tergabung dalam MFC (Monster Fans Club). Dari informasi yang kita dapat katanya mereka ingin ulang tahun di kawasan Puncak. Hanya saat jalan menuju Puncak mereka tidak tertib dan melakukan pelambungan jalan, sehingga terjadi kepadatan," tutur Surahmat.

Hujan

Untuk mengurai kemacetan, pihaknya melakukan buka-tutup jalur sekitar pukul 12.30 WIB. Namun, pemberlakuan sistem ini tak berlangsung lama karena tingkat kepadatan kendaraan cukup tinggi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pekerjaan umum (PU) dan pihak Binamarga Pusat maupun kabupaten. Dan rencananya mereka ingin melakukan pekerjaan malam hari ini," ujar Surahmat.

Sementara, kemacetan masih terus terjadi hingga pukul 15.00 WIB. Kondisi cuaca di kawasan Puncak juga tengah diguyur hujan dengan intensitas lebat.

"Diimbau kepada pengendara untuk berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas," pungkas Surahmat. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini