Sukses

Kota di Argentina Ini Larang Kontes Ratu Kecantikan

Kota di Argentina ini menjadi kota pertama di negara tersebut yang melarang kontes ratu kecantikan.

Liputan6.com, Buenos Aires - Kota Chivilcoy di Argentina menjadi kota pertama di negara tersebut yang melarang kontes ratu kecantikan. Kompetisi itu dianggap tak sehat bagi kaum hawa.

"Kontes ini merendahkan perempuan dan mendorong kekerasan terhadap kaum wanita," demikian kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Senin (22/12/2014).

Dewan kota mengungkapkan kontes ratu kecantikan mendorong obsesi yang tidak sehat terhadap kecantikan fisik, dan mendorong penyakit seperti bulimia dan anoreksia.

Akhirnya, lomba ratu kecantikan di Chivilcoy, yang berada di negara bagian Buenos Aires, akan diganti antara lain dengan kompetisi karnaval topeng.

Bulan lalu lembaga lokal di Argentina yang memantau diskriminasi menyerukan penghapusan kontes kecantikan karena tingginya angka serangan terhadap peserta lomba ini di seluruh Argentina. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.