Sukses

Sungai Cijerah Meluap, 30 Rumah di Cianjur Terendam Banjir

Hujan deras yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Minggu petang, 21 Desember 2014 kemarin membuat Sungai Cijerah meluap.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Minggu petang, 21 Desember 2014 kemarin membuat Sungai Cijerah meluap. Akibatnya, sebanyak 30 rumah di Kampung Stasion Selajambe RT 03/03 Desa Selajambe, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur terendam banjir pada Senin (22/12/2014) dini hari tadi.

Kapolsek Sukaluyu AKP Achmad Suprijatna mengatakan, banjir terjadi akibat pendangkalan di Sungai Cijerah yang berada di Desa Selajambe sehingga air sungai meluap.‎ Sekitar pukul 01.00 WIB, air sudah masuk pemukiman warga. Ketinggian air sekitar 30-50 cm.

"Memang awalnya dikarenakan wilayah Cianjur di terpa hujan sejak pukul 15.00 WIB.‎ Akhirnya air Sungai Cijeurah meluap. Sungai Cijerah ini merupakan hulunya ada di sungai Ci Heulang Desa Langensari Karang Tengah, Kabupaten Cianjur," kata Achmad yang dihubungi dari Bogor, Senin (22/12/2014).

Dari data Polsek Sukaluyu, sementara ada 30 rumah dan 40 kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir. Namun warga menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.‎ Ini karena mata pencarian warga seperti sawah, ternak, dan empang terendam banjir.

"Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta," tutur Achmad.

"Kami membantu warga masyarakat memindahkan harta benda ke tempat yang aman. Selain itu juga para bhabinkamtibmas memberikan penerangan lampu," imbuh dia.

Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi kemungkinan datangnya banjir susulan. "Serta kami juga mengimbau kepada masyarakat terhadap barang atau harta benda yang dititipan serta melakukan pendataan para korban," himbaunya.

Camat Sukaluyu, Dadan Wildan, mengaku akan menindak lanjuti bencana ini kepada BPBD Cianjur, Dinas Sosial dan unsur terkait Kabupaten Cianjur. "Rencananya juga ‎kami akan membuatkan posko bencana di Bale Desa Selajambe," pungkas Dadan. (Nad/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir