Sukses

Menteri Susi Paling Populer di Pemerintahan Jokowi

"Sebagian besar mengganggap Susi sebagai menteri paling menjanjikan dari sisi kinerja,

Liputan6.com, Jakarta - Sejak namanya disebut sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, nama Susi Pudjiastuti terus bersinar. Bak selebriti, namanya terus dicari dan semua tingkah polahnya menjadi sorotan.

Berawal dari sikap cuek Susi yang merokok di halaman Istana Presiden, usia pengumuman nama-nama menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, nama Susi langsung menyedot perhatian publik. Semua sisi kehidupannya dikupas, dari pendidikannya yang hanya lulusan SMP, tato di tubuhnya, masa kecilnya, mantan suaminya, hingga putrinya yang ternyata cantik jelita.

Meski tidak mengenyam pendidikan hingga ke bangku universitas layaknya pejabat-pejabat tinggi di negeri ini, tapi Susi seorang pengusaha sukses. Ia berhasil menyulap kehidupannya yang tadinya hanya seorang pengepul ikan di Pangandaran Jawa Barat, menjadi eksportir hasil perikanan dan pengusaha pesawat terbang.

Inilah salah satu hal yang membuat publik terus penasaran dengan Susi, termasuk kinerjanya di pemerintahan. Karena itu, tak heran jika Susi akhirnya menjadi menteri paling populer di pemerintah Jokowi-JK.
         
Menurut hasil survei Cyrus Network yang dirilis Minggu (21/12/2014), di Jakarta, popularitas Susi mengalahkan 33 menteri lainnya yang ada di kabinet Kerja Jokowi-JK. Termasuk berhasil mengungguli Puan Maharani, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang juga putri Megawati Soekarnoputri dan politisi PDIP.

Dalam survei yang diselenggarakan mulai 1 hingga 7 Desember 2014 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 33 provinsi, Susi mendapat perhatian publik 35 persen.

Selain latar belakang kehidupan pribadinya, Menteri Susi juga populer lewat gayanya yang unik dan kebijakan-kebijakan tegas yang dibuatnya.

"Sebagian besar mengganggap Susi sebagai menteri paling menjanjikan dari sisi kinerja, dan hanya 6 persen responden yang meragukan kinerjanya, padahal namanya baru dikenal menjelang pelantikan sebagai menteri," kata CEO Cyrus Network Hasan Nasbi.

Puan sendiri berada di bawah Susi dengan mendapat perhatian publik 22 persen. "Hanya 12 persen yang menilai Puan sebagai menteri tidak menjanjikan," ujar Hasan.

Menteri lainnya yang masuk dalam jajaran populer adalah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan.

Survei dilakukan melalui cara tatap muka dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan margin of error kurang lebih 3,1 persen. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini