Sukses

Landasan Diselimuti Abu Vulkanik, Bandara Ternate Masih Ditutup

Hingga hari ini Gunung Gamalama masih terus erupsi yang diikuti gempa tremor serta suara gemuruh.

Liputan6.com, Ternate - Seluruh areal Bandara Babullah, Ternate, Maluku Utara hingga kini masih diselimuti abu vulkanik Gunung Gamalama, sehingga seluruh aktivitas penerbangan untuk sementara dihentikan. Abu vulkanik menutup landasan pacu dan apron bandara 4-5 centimeter.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (21/12/2014), otoritas bandara belum bisa memastikan kapan bandara kembali dibuka, karena masih menunggu informasi dari PVMBG terkait status terkini Gunung Gamalama.

Gunung Gamalama masih terus menunjukkan aktivitasnya, seperti mengeluarkan abu vulkanik setinggi 500-700 meter yang mengarah ke arah timur Kota Ternate. Gempa tremor juga masih kerap terjadi yang diikuti dengan suara gemuruh.

Hingga saat ini Gunung Gamalama masih pada status Siaga 3. Warga diimbau tidak panik, tetapi waspada serta tidak mendekati kawah gunung dengan jarak 3 kilometer. Sejauh ini warga Kota Ternate masih beraktivitas seperti biasa.  (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini