Sukses

Debit Air Bendungan Katulampa Naik, Potensi Siaga

Hingga menjelang pukul 19.00 WIB tadi, ketinggian air di angka 50 centimeter atau status Normal.

Liputan6.com, Bogor - Wilayah Puncak, Bogor, Jawa Barat diterpa hujan dengan intensitas lebat. Hal tersebut berakibat adanya peningkatan tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat.

Hingga menjelang pukul 19.00 WIB tadi, ketinggian air di angka 50 centimeter atau status Normal.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (20/12/2014), terlihat arus sungai seperti wilayah Warung Jambu tepatnya di Jembatan Satu Duit terjadi peningkatan. Gelombang air berwarna cokelat pekat disertai sampah mengalir deras menuju Jakarta.

Ketua Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, membenarkan adanya peningkatan TMA di bendungan yang yang terletak di Kecamatan Bogor Timur tersebut. Peningkatan tersebut diakibatkan karena wilayah puncak hujan dengan intensitas lebat.

"Tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB 40 cm, kemudian sempat turun menjadi 30 cm. Namun karena hujan sejak sekitar pukul 14.00 WIB, TMA kembali naik menjadi 50 centimeter pada pukul 17.00 WIB," kata Andi saat dihubungi.

Kendati demikian status di Bendungan Katulampa masih dalam status Normal. Hanya saja menurut Andi, ketinggian bisa saja naik kembali jika hujan di wilayah Puncak terus diterpa hujan. Dan hingga saat ini kondisi cuaca di Puncak ‎seperti di Riung Gunung, Cisaru Megamendung, dan Cipayung masih dilanda hujan merata.

Untuk itu, Andi mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk tetap waspada. Apalagi saat musim penghujan seperti saat ini, datangnya air bisa secara tiba-tiba.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantau ‎naik turun naiknya tinggi muka air di Bendungan Katulampa," pungkas dia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.