Sukses

Pembacok Anggota Polisi Sumsel Ditembak di Serpong

Saat proses penangkapan, pelaku melawan aparat kepolisian. Polisi pun melepaskan tembakan ke kaki kiri tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Tim operasional Unit V Resmob Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKP Handik Zusen menangkap Raswan Piking bin Edwar (36), buron pembacok anggota Polsek Ulu Musi, Polres Empat Lawang, Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Briptu Joni Burnawin.

Saat proses penangkapan, Raswan melawan petugas. Polisi kemudian melepaskan tembakan ke kaki kiri tersangka.

"Semalam. Ditangkap di tempat kosnya di Serpong, Tangerang. Terhadap pelaku dilakukan penembakan karena melawan saat akan ditangkap petugas," ungkap AKP Handik Zusen melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu (20/12/2014). "5 Unit HP yang digunakan pelaku memutar bisnis narkoba disita."

Dijelaskan dia, Raswan dikenal bengis dalam beraksi. Pria yang berasal dari Desa Puntang, Kecamatan Sikap Dalam, Empat Lawang, Sumsel ini pun tak segan-segan menghabisi anggota polisi yang tengah menyelidiki bisnis narkoba dan aksi pencuriannya.

"Tersangka berniat membunuh korban karena mengetahui korban sedang menyelidiki sejumlah kasus curas dan peredaran narkoba yang diduga kuat dilakukan oleh tersangka di wilayah Kabupaten Empat Lawang," terang Handik.

Peristiwa itu terjadi di depan SDN Karanganyar, Desa Puntang, Kecamatan Sikap Dalam, Empat Lawang, Sumsel pada 29 November lalu. Saat itu, Briptu Joni sedang mengendarai motor dan tiba-tiba diserang dari arah belakang oleh Raswan dan kawannya yang naik mobil.

Para pelaku kemudian membacok lengan kiri dan pipi kiri Briptu Joni. Mereka juga mencoba menembak anggota polisi itu. Namun tembakan meleset. Briptu Joni mengalami luka bacok. Kini ia sudah siuman.

Selain Raswan, pelaku yang telah teridentifikasi adalah Rinto bin Samsi yang tengah diburu pihak kepolisian. Untuk itu, Handik berpesan kepada warga di Jakarta dan sekitarnya untuk waspada lantaran Rinto masih buron.

"Untuk tersangka Rinto sedang dalam pelarian di wilayah Jabodetabek dan masih dalam pengejaran Petugas Polres Empat Lawang dan dibantu Tim Opsnal Unit V Resmob PMJ," tandas Handik. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini