Sukses

Sempat Siaga III, Status Bendung Katulampa Normal Pagi Ini

Setelah mencapai posisi status Siaga III pada Jumat 19 Desember malam, tinggi muka air di Bendung Katulampa terus menurun.

Liputan6.com, Bogor - Setelah mencapai posisi status Siaga III pada Jumat 19 Desember malam, tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa terus menurun hingga ke angka 40 cm atau dalam posisi status normal pagi ini.

Kepala Posko bendungan yang ada di Bogor Andi Sudirman mengatakan, sejak pukul 01.00 WIB turun dari 100 cm menjadi 60 cm. Lalu pada pukul 03.00 WIB berkurang ke angka 50 cm,  dan terus turun hingga 40 cm pukul 06.00 WIB.

"Ketinggian 100 cm tadi malam itu tertinggi selama 3 minggu ke belakang. Alhamdulillah sekarang sudah normal. Memang bulan Desember ini sudah masuk musim penghujan," ungkap Andi saat dihubungi, Sabtu (20/11/2014).

Volume air yang mengalir di sungai Ciliwung saat ini, lanjut Andi, diperkirakan sebanyak 30 ribu liter per detik.

"Debit air di aliran Sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelas Andi.

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok, untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Kondisi cuaca saat ini di wilayah puncak dan sekitarnya berawan. "Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai ciliwung untuk tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinngi muka air di Bendung Katulampa," pungkas Andi. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.