Sukses

Abaikan Gencatan Senjata, Jet Tempur Israel Gempur Gaza

Serangan Israel ke Gaza merupakan yang pertama sejak gencatan senjata usai diberlakukan pada Agustus lalu.

Liputan6.com, Gaza - Jet tempur Israel melancarkan serangan ke sebuah lokasi di Kota Gaza, hari ini. Tidak ada korban jiwa akibat serangan tersebut.

Seperti dimuat BBC, Sabtu (20/12/2014), roket tersebut dilaporkan mendarat di area terbuka. Sejumlah warga kawasan Khan Yunis di Gaza mengaku mendengar dua ledakan.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner mengatakan pesawat tersebut mengincar 'infrastruktur teror Hamas' sebagai balasan setelah sehari sebelumnya sebuah roket mendarat di Eshkol, bagian selatan Israel.

Serangan Israel ke Gaza merupakan yang pertama sejak gencatan senjata usai diberlakukan pada Agustus lalu.

Kala itu, Israel melancarkan serangan udara dan mobilisasi pasukan ke Gaza selama 50 hari. Di sisi lain, pihak Hamas juga menyerang dengan menembakkan roket dan mortir ke arah Israel.

Dalam rangkaian serangan itu, militer Israel dituduh melakukan kejahatan perang ketika menghancurkan empat bangunan penting di Gaza. Di antaranya ialah rumah susun setinggi 12 lantai di Kota Gaza dan gedung perkantoran di Kota Rafah, bagian selatan Jalur Gaza.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat lebih dari 2.100 warga Palestina, nyaris 500 anak-anak di antara mereka, telah tewas. Di pihak Israel, sebanyak 64 serdadu dan empat warga sipil tewas dalam konflik selama 50 hari itu.

Selain itu, PBB juga memperkirakan ada lebih dari 17.000 rumah telah dihancurkan atau dirusak. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini