Sukses

Basarah: Singapura Dukung Jokowi Bakar Kapal Asing Ilegal

Singapura pemerintahan Jokowi konsisten dalam memberlakukan hukum yang berkaitan dengan kedaulatan NKRI.

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Singapura menyambut positif upaya Presiden Joko Widodo menjaga kedaulatan wilayah Indonesia dari gangguan pihak-pihak asing. Yang salah satu caranya adalah membakar atau menenggelamkam kapal asing ilegal yang masuk ke wilayah NKRI.

Sikap tersebut disampaikan Wail Menteri Luar Negeri Singapura, Masagos Zulkifli Bin Masagos Mohamad saat mengundang delegasi Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang ke kantornya di Minden Road, Singapura, Jumat (19/12/2014).

"Salah satu isu menarik yang disampaikan Masagos Zulkifli adalah keputusan Presiden Jokowi menenggelamkan kapal asing ilegal yang masuk ke Indonesia," ujar salah satu delegasi MPR, Ahmad Basarah di Singapura.

"Mereka menyatakan akan terus menghormati local law Indonesia. Menghormati kedaulatan hukum yang berlaku di Indonesia," sambungnya.

Namun begitu, imbuh Basarah, Singapura berharap pemerintahan yang dipimpin Jokowi konsisten dalam memberlakukan hukum yang berkaitan dengan kedaulatan NKRI.

"Di dalam pelaksannnya, mereka (Singapura) meminta Indonesia konsisten atau tidak tebang pilih. Artinya, tidak boleh ada kapal suatu negara ditenggelamkan misalnya Vietnam, tapi ketika kapal negara lain masuk ilegal tidak lakukan hal yang sama," terang politisi PDI Peerjuangan tersebut.

Kunjungan delegasi MPR ini sebelumnya tidak direncanakan bertemu dengan pihak Kemenlu Singapura. Namun, saat mengetahui Oesman Sapta Cs ada di negaranya, mereka langsung mengirimkan undangan pertemuan. Dan pihak Singapura pun berjanji akan menindaklanjuti semua permasalahan bilateral dengan cara membalas kunjungan ke Indonesia dalam waktu dekat. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini