Sukses

BNPB Segera Pasang 40 Sistem Peringatan Dini Longsor

Pemasangan sistem peringatan dini longsor diprioritaskan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB Syamsul Maarif menyatakan akan memasang 20 unit peralatan peringatan dini longsor. Hal ini dilakukan usai pihaknya berkoordinasi dengan BMKG, Badan Geologi, Kemenristek Dikti, BPPT, LIPI, IABI, BPPTKG, BPBD dan Forum Pengurangan Risiko Bencana DIY di Yogyakarta.

Dalam keterangan tertulis, Kamis 19 Desember 2014, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas [BNPB Sutopo Purwo Nugroho ](Sistem Peringatan Dini Longsor "")menyatakan dalam waktu 2 minggu mendatang akan dipasang 20 unit peralatan peringatan dini longsor. Yaitu 10 unit dari Badan Geologi dan 10 unit dari UGM. Pemasangan diprioritaskan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Selanjutnya pada Januari 2015 akan disiapkan 20 unit peralatan tambahan dari UGM dan akan dipasang di daerah rawan [bencana longsor](Sistem Peringatan Dini Longsor "") lainnya di Indonesia. BPPT dan LIPI juga akan memproduksi peralatan untuk dipasangkan pada tahun 2015 di daerah rawan longsor yang prioritas.

Sistem peringatan dini yang dipasang terdiri dari beberapa subsistem. Yaitu survei geologi, kelembagaan dan sosial ekonomi budaya, pembentukan tim siaga bencana di tingkat Desa/Dusun, penyusunan prosedur evakuasi, pembuatan peta evakuasi bersama petugas terpilih, instalasi alat peringatan dini bersama masyarakat.

Selain itu, gladi evakuasi, membangun komitmen Pemda dan masyarakat dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem.

Belajar dari pengalaman beberapa institusi yang pernah memasang alat peringatan dini, maka diperlukan komitmen Pemda. Untuk itu harus ada jaminan kesanggupan dari Bupati/Walikota untuk mengoperasikan dan memelihara alat yang dituangkan dalam MoU dan pernyataan kesanggupan.

Biaya pemasangan alat menggunakan dana siap pakai dari BNPB berdasarkan rencana teknis dan rencana anggaran biaya yang diajukan dari instansi penyedia peralatan. Dalam waktu yang bersamaan, BNPB juga menyiapkan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Longsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini