Sukses

Banjir Rendam Ribuan Rumah dan Industri di Sumatera Utara

Ribuan buruh terpaksa diliburkan karena kawasan industri terendam banjir yang mencapai 1 meter.

Liputan6.com, Medan - Hujan yang terus-menerus melanda Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara mengakibatkan Sungai Kera dan Sungai Badera meluap mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir. Ketinggian air di bantaran sungai mencapai 1,5 meter.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (19/12/2014), kawasan yang terparah terkena banjir berada di Kecamatan Percut Sei Tuan. Ketinggian air di kawasan ini mencapai 1,5 meter.

Banjir juga menggenangi kawasan industri Medan 2. Ribuan buruh terpaksa diliburkan karena ketinggian air mencapai 1 meter, hingga masuk ke areal pabrik dan perkantoran.

Kawasan industri ini pun lumpuh total. Akses masuk dan keluar kawasan industri tak bisa dilalui kendaran bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Banjir akibat hujan lebat juga terjadi di kawasan Legok dan Pulau Pandan, Kecamatan Telanai Pura, Jambi.

Pemerintah Kota Jambi mencatat lebih dari 758 rumah kebanjiran, dengan ketinggian air antara 50 centimeter sampai 2 meter. Warga harus menggunakan perahu untuk mencapai rumahnya, karena jalan sudah terendam banjir.

Ketinggian air di Sungai Batang Hari, Jambi sudah mendekati angka 13 meter. Jika ketinggian mencapai 13 meter, genangan air akan meluas ke sejumlah kawasan lain seperti kawasan Jambi Timur dan jalan lingkar selatan. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.