Sukses

MH370 Diduga Tertembak dan Akta Nikah Jokowi Diunggah

Muncul teori bahwa Malaysia Airlines MH370 diduga tak sengaja ditembak jatuh dalam latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 masih membetot perhatian pada Mei 2014. Muncul teori bahwa pesawat milik maskapai negeri jiran tersebut diduga tak sengaja ditembak jatuh dalam latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Thailand.

Selanjutnya, jelang pemilihan presiden, muncul gosip Jokowi keturunan China. Menjawab kampanye hitam itu, PDIP merilis gambar fotokopi akta nikah Jokowi dan istrinya, Iriana.

Simak selengkapnya Kaleidoskop News Mei 2014 berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MH370 Ditembak dan SDA Ditegur

1. MH370 Kena Tembak Latihan Militer AS-Thailand?



Malaysia Airlines MH370 menjadi misteri terbesar dalam dunia penerbangan di Abad ke-21. Boeing 777-200 ER itu lenyap dalam  penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, China, Sabtu 8 Maret 2014. Analisis data satelit dari 7 'ping' MH370 menyimpulkan, pesawat itu berakhir di Samudera Hindia. Di tengah ketidakpastian soal penyebab kecelakaan, sebuah buku muncul, menawarkan teori mengejutkan: pesawat tersebut tak sengaja ditembak jatuh dalam latihan militer AS dan Thailand.

Baca selengkapnya di sini.


2. Menteri Agama Suryadharma Ditegur Habib di Masjid Sunda Kelapa



Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali (SDA) menjadi imam salat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Usai salat zuhur, SDA berseru bahwa salat akan dilanjutkan dengan salat ashar dengan cara di-qashar, yaitu yang seharusnya 4 rakaat diringkas menjadi 2 rakaat saja. Namun, keinginan SDA itu mendapat teguran dari Habib Kamal, ulama yang kerap memberi pengajian di masjid tersebut."Bukan qashar tapi jamak. Kalau qashar 2 rakaat, bukan 4," kata dia.

Baca selengkapnya di sini.

3 dari 4 halaman

Risma Marah dan Harta Karun

3. Taman Rusak karena Es Krim Gratis, Walikota Risma Marah Besar



Acara bagi-bagi es krim di Taman Bungkul Surabaya, Jawa Timur, membuat marah Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Sebab, taman yang pernah mendapatkan penghargaan dari PBB tersebut rusak parah. Risma mengatakan akan menuntut secara hukum pihak panitia karena acara  yang diselenggarakan di Taman Bungkul, Surabaya, itu merusak taman kota yang telah susah payah ia bangun bersama warga.

Baca selengkapnya di sini.

4. Harta Karun Era Majapahit Ditemukan di Pulau Nangka Malaysia



Penemuan harta karun yang tertimbun sejak ratusan tahun lalu di Malaysia membuat heboh. Lokasinya di sebuah pulau kecil di selat Malaka, Pulau Nangka. Menurut The Star, para pekerja dari Smart Partnership International menemukan 2 medali kuno dan 1 koin ringgit bernilai tinggi. Koin dan medali tersebut berada di dinding gua yang terdapat di pulau kecil tersebut. Warga setempat meyakini, sedikitnya ada 20 ruang tersembunyi  berisi harta karun di gua itu.

Baca selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

Daftar Anggota DPR dan Akta Nikah Jokowi

5. Cek di Sini Daftar 560 Anggota DPR 2014-2019



Sebanyak 560 caleg DPR RI yang terpilih dalam Pemilu 2014 ditetapkan KPU. PDIP menjadi parpol dengan jumlah anggota dewan 2014-2019 terbanyak. Berdasarkan penghitungan KPU, PDIP mendapat 109 kursi, diikuti Partai Golkar 91 kursi, Partai Gerindra 73 kursi, Partai Demokrat 61 kursi, dan PAN 49 kursi. Kemudian, PKB 47 kursi, PKS 40 kursi, PPP 39 kursi, Partai Nasdem 35 kursi, serta Partai Hanura 16 kursi.

Baca Selengkapnya di sini.

6. Lawan Kampanye Hitam, PDIP Unggah Akta Nikah Jokowi-Iriana


Jokowi diserang. Calon presiden yang diusung PDIP, Nasdem, PKB, dan Hanura itu disebut berdarah China. Sebuah "foto pernikahan Jokowi" beredar dengan sebutan sebagai putra pengusaha bernama Oey Hong Liong. Menepis kampanye hitam itu, PDIP merilis pembelaan untuk Jokowi. Dalam akun Facebook-nya, partai berlambang banteng itu mengunggah gambar fotokopi akta nikah Jokowi dan istrinya, Iriana.


Baca Selengkapnya di sini.

 

Lihat motion graphics Kaleidoskop News Mei 2014 di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.