Sukses

Gunung Gamalama Meletus, 5 Pendaki Terhempas Bebatuan

1 Pendaki Gunung Gamalama bernama Agung masih terjebak di ketinggian sekitar 1.000 meter.

Liputan6.com, Ternate - 5 Dari 8 warga yang dievakuasi dari puncak Gunung Gamalama mengalami luka serius terkena hempasan bebatuan dari letusan gunung. Kelimanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Bisori, Halmahera Selatan, Ternate.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (19/12/2014), 5 pemuda ini berhasil diselamatkan tim penyelamat dari mahasiswa pencinta alam PMI serta warga sekitar. Saat ditemukan mereka dalam kondisi lemas kelelahan setelah berlarian turun gunung.

Beberapa di antara para pendaki ini mengalami patah kaki dan tangan, karena terjatuh saat menyelamatkan diri. Masih ada 1 pendaki lagi bernama Agung yang masih terjebak di ketinggian sekitar 1.000 meter. Agung diduga terluka dan tidak mampu turun gunung. Upaya penyelamatan pun terus dilakukan.

Sejak meletus pada Kamis 18 Desember malam pukul 22.41 WIT, Gunung Api Gamalama, Ternate, Maluku Utara hingga Jumat 19 Desember pagi terus mengeluarkan abu vulkanik yang mencapai ketinggian 2.000 meter. Ketinggian abu vulkanik ini meningkat dari sebelumnya 1.700 meter.

Abu vulkanik mengarah ke sejumlah wilayah di Kota Ternate Tengah dan Kota Ternate Utara, serta ke Kabupaten Halmahera Barat. Warga pun dilarang mendekati kawah Gunung Gamalama pada radius 3 kilometer, karena status gunung sudah dinaikkan menjadi Siaga 3. (Dan/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.