Sukses

8 Ribu Pasukan Kurdi Klaim Pukul Mundur ISIS

8 ribu pejuang Kurdi Peshmerga melancarkan dua jurus serangan untuk ISIS, untuk membuka wilayah sehingga kaum Yazidi dapat bergerak.

Liputan6.com, Baghdad - Pasukan Kurdi mengklaim telah memukul mundur milisi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Gunung Sinjar, Irak. Lokasi ribuan warga Yazidi dan Irak terjebak sejak Agustus lalu.

Serangan Kurdi terhadap milisi ISIS dimulai pada Rabu 17 Desember pagi waktu setempat. Dengan didukung 45 gempuran udara militer Amerika Serikat (AS) dan pasukan koalisi.

Sementara di darat, 8 ribu pejuang Kurdi Peshmerga melancarkan 2 serangan yang disebut mampu membuka wilayah sehingga kaum Yazidi dapat bergerak.

Penasihat Dewan Keamanan Wilayah Kurdistan Masrus Barzani mengatakan, operasi serangan dimulai dari Zumar ke Gunung Sinjar.

"Operasi itu sangat besar, syukur telah berakhir dengan sukses," ungkap Barzani.

Komandan pasukan Kurdi mengungkapkan, serangan itu membuat sejumlah milisi melarikan diri ke arah barat menuju Suriah atau ke timur menuju Mosul.

Koresponden BBC Jim Muir melaporkan, serangan Kurdi akan menghasilkan terobosan luar biasa jika milisi ISIS melarikan diri. Meski demikian, jalan menumpas habis kelompok tersebut masih panjang.

Sebab militan itu masih menguasai Kota Sinjar di sebelah selatan Gunung Sinjar. Begitu pula Kota Mosul dan Kota Tal Afar. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.