Sukses

Ade Rai Didaulat Pimpin Upacara Hari Bela Negara di Monas

Dalam upacara itu akan dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih terbesar didunia berukuran 2.250 meter dengan Monas sebagai tiangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Bela Negara jatuh pada hari ini, Jumat, (19/12/2014). Pemerintah menggelar upacara pencanangan gerakan nasional Bela Negara di silang Monas, Jakarta.

Pantauan Liputan6.com, upacara tersebut dipimpin komandan upacara berambut gondrong yang tak lain adalah I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai alias Ade Rai yang merupakan mantan atlet binaragawan.

Ade Rai ditunjuk sebagai komandan karena dipandang telah membela negara dengan segudang prestasinya. Salah satunya meraih medali emas SEA Games pada tahun 1997.

Upacara tersebut turut dihadiri Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno sebagai inspektur upacara. Bukan hanya itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim, dan Men PAN-RB Yuddy Chrisnandi. Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir ternyata batal.

Hadir juga sejumlah tamu undangan, di antaranya Band Slank, penyanyi senior Reza Artamevira, dan Perwakilan Pos Indonesia. Dalam upacara itu akan dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih terbesar didunia berukuran 2.250 meter dengan Monas sebagai tiangnya.

Berdasarkan Kepres Nomor 28 Tahun 2006 ditetapkan setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara untuk memperingati deklarasi PDRI oleh Syafruddin Prawira Negara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini