Sukses

Jokowi Hadiri Perayaan Natal di Papua, Kodam Cenderawasih Siaga

Kodam XVII/Cenderawasih menyiapkan 2 batalyon personelnya untuk mengamankan kedatangan Jokowi ke Papua pada 26 dan 27 Desember.

Liputan6.com, Jayapura - Kodam XVII/Cenderawasih menyiapkan 2 batalyon personelnya untuk mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Bumi Cenderawasih pada 26 dan 27 Desember mendatang. 2 Batalyon itu adalah Batalyon 751/Raider Sentani dan Batalyon 756/Wamena.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan mengatakan, selain 2 batalyon, pihaknya juga menyiagakan personel di Korem 172/Praja Wira Yakthi di Padang Bulan, Kota Jayapura.

"Kodam Cenderawasih dan Polda Papua siap mengamankan situasi di Papua. Kami tak membutuhkan personel tambahan dari luar Papua saat kedatangan Presiden nanti. Pasukan kami sudah cukup dan kami jamin situasi aman," ujar Fransen di Jayapura, Kamis (18/12/2014).

Untuk mengamankan kedatangan Jokowi, Kodam Cenderawasih belum memastikan sejumlah daerah rawan yang akan diwaspadai. Ini dikarenakan belum ada rapat bersama dengan sejumlah institusi, baik Polda Papua dan juga Pemprov Papua.

Sehari sebelumnya, Ketua Panitia Natal Nasional yang juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Yohana Susana Yembise, melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah institusi di Jayapura.

"Presiden tetap akan merayakan Natal nasional di Jayapura. Natal ini merupakan agenda Presiden dan tidak ada yang bisa membatalkan rencana tersebut,’’ jelas dia.

Rencananya, perayaan Natal nasional akan dirayakan di Lapangan Mandala, Jayapura. Jokowi juga direncanakan berkunjung ke Kota Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya. Di Jayapura, Jokowi akan melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur di Jalan Soa Siu Dok II Jayapura yang kebetulan sedang menjadi tempat pameran alutsista TNI. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini