Sukses

Kuburan Kuno Tempat Jutaan Mumi Bersemayam Paling Disorot

Tim arkeologis dari Universitas Brigham Young, Provo, Utah, Amerika Serikat menemukan lokasi bersejarah di Mesir.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1.500 tahun silam saat Kekaisaran Bizantium atau Romawi Timur menguasai Mesir dari Abad 1 sampai Abad 7 Masehi, diperkirakan tengah marak penempatan mumi di sebuah pemakaman besar. Kuburan kuno itu kini ditemukan di zaman modern.

Kabar tersebut menjadi salah satu berita yang paling disorot pembaca di Kanal News Liputan6.com edisi Rabu 17 Desember 2014. Berikut 5 berita terpopuler selengkapnya.

1. Kuburan Mumi

Tim arkeologis dari Universitas Brigham Young, Provo, Utah, Amerika Serikat menemukan lokasi bersejarah di Mesir, yakni sebuah kuburan kuno yang menjadi tempat bersemayam bagi lebih dari 1 juta mumi.

Pemakaman itu dinamakan Fag el-Gamous -- yang secara harfiah berarti 'Jalan Air Kerbau', sebagaimana nama jalan di dekat kuburan tersebut. Demikian yang dikutip Liputan6.com dari Live Science.

Selengkapnya.

2. Kisah Heroik Longsor Banjarnegara

Longsor menimbun Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Jumat 12 Desember 2014. Ratusan orang menjadi korban dalam bencana tersebut. Tak hanya menyisakan duka, longsor juga membawa sisi kisah lainnya.

Ada kisah Khotimah. Wanita yang tengah hamil 7 bulan berjuang lepas dari maut saat bencana longsor menimbun rumahnya. Selain itu, ada juga tekad Sukardi yang pantang menyerah mencari orangtuanya yang tertimbun material longsor.

Selengkapnya.

3. Kematian Kim Jong-il

 Tanggal 17 Desember 2011 menjadi kenangan tersendiri bagi rakyat Korea Utara (Korut). Saat itu, sang pemimpin, Kim Jong-il wafat. Namun berita kematiannya baru diungkap ke publik 2 hari setelahnya, 19 Desember 2011 pukul 08.30 pagi waktu setempat.

Seperti diberitakan Reuters, Jong-il -- yang menjabat sejak 1994 menggantikan ayahnya Kim Il-sung-- yang dianggap sebagai 'manusia setengah dewa' berkat citra dari mesin propaganda rezim di negara itu dilaporkan tewas di kereta dalam sebuah perjalanan dinas kenegaraan.

Selengkapnya.

4. Penyanderaan Siswi SD

Penyanderaan siswi SD di Gresik, Jawa Timur oleh pria bernama Fuad yang diduga mengalami depresi berat berujung kematian. Fuad tewas di tangan polisi. Untuk menyelamatkan bocah itu, polisi melakukan upaya penyamaran.

Wakapolres Gresik Kompol Alfian Nurrizal menyamar menjadi wartawan untuk bisa bertemu dengan pria penyandera di Makodim 0817 Gresik itu.
Selengkapnya.

5. Fakta Soe Hok Gie

Jika diberi usia panjang, aktivis dan intelektual, Soe Hok Gie genap 72 tahun hari ini. Ia lahir di Jakarta, 17 Desember 1942.

Aktivismenya mekar sempurna saat berstatus mahasiswa Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Bersama Angkatan 66, ia "menggempur" kekuasaan Orde Lama dengan serangkaian demonstrasi pasca-G30S. Ia menjadi pemimpin mahasiswa seperti juga Cosmas Batubara, Soegeng Sarjadi, Mar'ie Muhammad, atau Nono Anwar Makarim.
Selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.