Sukses

Longsor di Kediri, 6 Rumah Rusak

Bencana longsor melanda Desa Blimbing, Mojo, Kediri, Jawa Timur. 6 Rumah rusak. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Liputan6.com, Kediri - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Warga gotong-royong membersihkan timbunan tanah yang menerjang rumah mereka. Longsoran tanah menyebabkan 6 rumah warga rusak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (17/12/2014), 4 unit rumah di antaranya mengalami rusak berat. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini karena penghuninya telah meninggalkan rumah beberapa hari sebelum kejadian.

Tanah longsor ini juga menimbun badan jalan desa. Sebagian warga bergotong-royong membersihkan akses jalan desa yang menghubungkan ke Kota Kediri. Sejauh ini pemerintah daerah setempat belum turun tangan.

Sementara itu, retakan tanah yang terjadi di kawasan pemukiman di perbukitan Desa Taman, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur makin memprihatinkan. Retakan bahkan meluas hingga ke dalam rumah warga.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo terus memantau perkembangan kondisi retakan khususnya yang menimpa rumah-rumah warga.

Sementara pihak kepala desa telah melakukan pendataan untuk mempersiapkan lokasi pengungsian.

Kejadian serupa juga menimpa Desa Padegalan, Kecamatan Jatibanteng dan Desa Mojodungkol, Kecamatan Suboh, Situbondo. Saat ini ancaman tanah longsor mencemaskan keselamatan sekitar lebih dari 200 jiwa. (Nfs/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini