Sukses

Resmi Lantik Djarot Jadi Wagub DKI, Ahok Pasangkan 3 Benda Ini

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi akhirnya melantik Djarot Saiful Hidayat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi melantik Djarot Saiful Hidayat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk sisa periode masa jabatan 2014- 2017. Dengan mengenakan seragam pakaian dinas upacara (PDU) serba putih, pria yang karib disapa Ahok itu melafalkan lebih dulu sumpah jabatan sesuai agama Islam untuk ditirukan Djarot.

Ahok lebih dulu diambil sumpah dengan tatacara sesuai dengan agama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah, akan  memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, memegang teguh Undang-undang Dasar 1945 dan menjalankan undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, berbakti pada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Ahok dan diikuti oleh Djarot dengan didampingi oleh seorang rohaniawan di Balaikota, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

‎Pembacaan materi keputusan pengangkatan Djarot, dibacakan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga. Pengangkatan Djarot sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 144/P tahun 2014, tentang Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa masa jabatan tahun 2012-2017. Setelah pembacaan materi keputusan, giliran Ahok melantik Djarot.

Setelah Djarot diambil sumpahnya, Ahok kemudian dengan resmi melantik pria berkumis itu sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Saya dengan ini resmi melantik, Djarot Saiful Hidayat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2012-2017, sesuai Kepres Nomor 144/P Tahun 2014. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diberikan," ujar Ahok saat prosesi pelantikan berlangsung.

Setelah mengucapkan kalimat tersebut, acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh Djarot dan Ahok. Selanjutnya Ahok memasang tanda pangkat jabatan kepada Djarot.

Ada 3 benda yang dipasangkan ke baju Djarot, yakni dua benda di kedua bahu serta satu berada di saku depan. Ahok kemudian memasangkan tanda kepangkatan di pundak kanan dan kiri Djarot.  

‎Sebanyak 350 undangan turut hadir dalam acara pelantikan ini. Turut serta hadir Presiden Kelima RI Megawati Soekarno Putri. Selain itu juga terlihat Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, serta anggota DPRD DKI lainnya.

Seluruh kursi yang disediakan tampak penuh dengan tamu undangan pelantikan Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, baik yang berada di ruang Balai Agung maupun balkon.‎ (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini