Sukses

Ahok Libatkan TNI-Polri Kembangkan Jakarta Smart City

Ahok juga berjanji akan menyediakan kendaraan trail bagi personel keamanan yang bertugas di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi inspektur upacara (irup) pengamanan DKI Jakarta bersama dengan unsur TNI dan Polri. Dalam amanatnya, Ahok memberi apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Pemprov DKI Jakarta, TNI, dan Polri dan memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi warga DKI.

Dalam kesempatan itu, Ahok meminta dukungan dari Polri dan TNI mengembangkan DKI Jakarta sebagai kota Smart City. Dengan dibuatnya program aplikasi Jakarta Smart City, dapat membantu aparat keamanan mendeteksi posisi personel keamanan yang bertugas di lapangan.‎ Selain itu aplikasi tersebut juga dapat membantu aparat dalam menindak pelaku kriminalitas.

"Tentunya saya tidak ingin ada petugas yang gugur dalam tugas karena oknum tidak bertanggung jawab pelanggar konstitusi. Januari ini, kami akan menyebar 500 CCTV dan di akhir tahun akan ada 2.500 CCTV yang tersebar di seluruh sudut Jakarta," ucap Ahok.

Dalam kesempatan itu, Ahok juga berjanji akan menyediakan kendaraan trail bagi personel keamanan yang bertugas di lapangan. dengan kendaraan itu, personel keamanan dapat mengintai potensi kejahatan melalui CCTV dan mengejarnya dengan menggunakan kendaraan trail di lapangan.

Kepada para peserta upacara, Ahok juga mengingatkan perkataan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Jakarta sebagai etalase Indonesia dan contoh bagi daerah-daerah lainnya dalam persoalan keamanan dan kenyaman publik.

"Apabila ada kesulitan, Pemprov DKI selalu membuka pintu bagi TNI/Polri dan kesulitan akan diselesaikan bersama. Kami semua saudara kesatuan dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Ahok.

Dalam upacara kali ini, Ahok tampak tampil berbeda, bila biasanya ia hanya mengenakan pakaian dinas harian (PDH) lengkap dengan topinya, kali ini Ahok mengganti topi pada seragam PDH dengan baret berwarna hitam pemberian Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko saat acara pemberian baret dan brevet di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

‎Selain dihadiri para PNS, anggota TNI, dan Polri upacara itu juga dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar, Kepala Satpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso dan jajaran kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta lainnya. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini