Sukses

Man Haron Monis si Peneror Sydney Buronan Iran

Man Haron Monis si peneror Sydney itu dilaporkan kabur ke Australia melalui Malaysia di akhir 1990-an.

Liputan6.com, Sydney - Man Haron Monis, pria kelahiran Iran yang menjadi penyandera di sebuah kafe di Sydney, Australia yang dikenal sebagai Mohammad Hassan Manteghi dilaporkan terlibat kasus penipuan. Kepala Polisi Iran Jendral Ismail Ahmadi Moghaddam mengatakan bahwa pelaku teror Sydney itu memang sedang dicari-cari alias masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena kasus tersebut.

"Pada 1996, ia adalah manajer biro perjalanan dan melakukan penipuan. Ia kemudian kabur ke Malaysia, dan dari sana ke Australia dengan nama palsu," kata Moghaddam seperti dimuat BBC, Rabu (17/12/2014). 

"Monis kabur ke Australia melalui Malaysia di akhir 1990-an," sambung Moghaddam.

Lanjut dia, setelah Monis ditemukan namun ekstradisi tak dapat dilakukan terbentur tak adanya perjanjian.

"Karena kami tidak punya perjanjian ekstradisi pelaku kejahatan dengan Australia, maka polisi Australia menolak mengekstradisinya," jelas Moghaddam.

Moghaddam menuturkan, Monis sempat  diketahui mengajukan permohonan suaka politik untuk mendapat status pengungsi di Australia. Ia menyebut insiden itu sebagai 'sebuah permainan'.

"14 Tahun yang lalu ia pernah meminta ekstradisi Man Haron Monis - pelaku teror Sydney di Kafe Lindt Martin Place -- tapi Australia menolak menyerahkannya," ungkap  Moghaddam.

Sementara itu, pemerintah Australia mengumumkan telah memulai penyelidikan mengapa Monis dibebaskan dengan jaminan meski dijerat dengan dua tuduhan kejahatan berbeda.

Monis dan dua orang sandera tewas pada Selasa 16 Desember 2014 pagi, ketika pasukan komando menyerbu sebuah kafe di Australia. Teror Sydney yang dilakukannya berlansung selama 16 jam.

Sejauh ini, Kepolisian Negara Bagian New South Wales (NSW) tengah menggelar penyelidikan untuk mengetahui motif penyanderaan yang dilakukan Man Haron Monis pada 15 Desember 2014.

Penyelidikan teror Sydney itu diperkirakan dapat memakan waktu beberapa minggu atau bulan. (Tnt/Mut)

Baca juga:

Pesan Tak Sampai Teror Sydney

Investigasi atas Teror Sydney Digelar 

PM Australia: Penyandera di Kafe Sydney Alami Gangguan Mental

Profil Man Haron Monis si Penyandera di Teror Sydney

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.