Sukses

5 Desa di Sibolga Tapanuli Tengah Terendam Banjir

Bencana longsor disertai hujan deras yang melanda sejumlah daerah juga berakibat banjir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Tapanuli Tengah - Bencana longsor disertai hujan deras yang melanda sejumlah daerah juga berakibat banjir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sebanyak 5 desa pun ikut terendam karena Sungai Aek Sirahar yang meluap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (17/12/2014), ratusan rumah di 5 desa di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah digenangi banjir. Tidak hanya jalan raya dan pekarangan saja, air pun sudah masuk ke dalam rumah penduduk dengan ketinggian bervariasi.

Meski begitu, puluhan warga sudah mengungsi ke rumah sanak saudara mereka untuk menghindari banjir. Banjir juga merusak 2 tanggul hingga ketinggian air mencapai 1,5 meter dan merendam badan jalan.  

Sementara itu, banjir luapan Sungai Burnai merendam sejumlah desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Akibatnya, perkebunan warga terendam air setinggi 1 meter.

Daerah yang terendam banjir mencakup beberapa desa di kawasan Jalan Lintas Timur menuju Lampung. Akibatnya warga kehilangan pendapatan dari perkebunan. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Tapanuli