Sukses

Saat Lokasi Longsor Berubah Jadi Objek Wisata

Mereka yang datang untuk melihat lokasi bencana tanah longsor bukan merupakan warga Banjarnegara, tetapi dari daerah lain.

Liputan6.com, Banjarnegara - Antrean kendaraan memadati satu-satunya jalan menuju lokasi bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (16/12/2014), akibatnya arus lalu lintas di jalan sempit itu perlu diatur agar kendaraan yang datang silih berganti bisa lewat.

Mereka yang datang bukan merupakan warga Banjarnegara, tetapi dari daerah lain. Meski jalannya sempit, curam, dan licin saat diguyur hujan gerimis, namun hal itu tidak membuat pengunjung khawatir.

Mereka hanya ingin melihat langsung lokasi bencana yang menewaskan 64 orang dan 60 lainnya masih dalam pencarian. Imbauan polisi juga tidak membuat pengunjung berkurang.

Ramainya warga yang mendatangi lokasi longsor tidak hanya memacetkan jalan, Tim SAR pun harus mengevakuasi korban di tengah-tengah kerumunan warga.

Seringkali, kawasan bencana berubah menjadi lokasi wisata bencana. Keinginan para pengunjung untuk menonton proses evakuasi bencana tanah longsor justru bisa mengalahkan tugas-tugas kemanusiaan. (Vra/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.