Sukses

Banjir Bunga di Lokasi Kafe Teror Sydney Man Haron Monis

Beberapa jam setelah penyerbuan polisi ke kafe di Sydney terhadap penyandera Man Haron Monis, aroma segar bunga-bunga mekar pun menyeruak.

Liputan6.com, Sydney - Kafe Lindt di Martin Place, Sydney dipenuhi orang-orang dari berbagai kalangan. Mereka berbaris, antre untuk meletakkan bunga di depan lokasi penyanderaan yang dilakukan oleh Man Haron Monis pada 15 Desember.

Dikutip dari Daily Telegraph, Selasa (16/12/2014), orang-orang datang silih berganti, menandatangani buku tamu dan memberikan doa. Sebelum meletakkan bunga sebagai tanda hormat mereka.

'Banjir' bunga pun terjadi di lokasi tersebut. Karena semakin larut semakin banyak kembang yang diletakkan di tempat itu.

Ketika matahari terbenam, beberapa jam setelah penyerbuan polisi ke kafe di Sydney itu, aroma segar bunga-bunga mekar pun menyeruak. Sementara orang-orang dari semua agama, latar belakang serta usia berbaur menjadi satu, berdoa dan meletakkan bunga lili serta peony hingga membentuk gunungan.



Adegan tegang akibat penyanderaan telah berubah menjadi ekspresi kesedihan mendalam. Lagu-lagu lembut dari paduan suara di dekatnya terdengar di sepanjang Martin Place yang kini sudah tenang.

Tak hanya warga setempat yang datang menyampaikan dukacitanya. Seorang Mufti Australia, Profesor Ibrahim Abu Mohammed juga berada di antara mereka yang meletakkan karangan bunga di monumen dadakan itu.

Dia juga menandatangani buku belasungkawa sebelum mengutuk aksi pengepungan pengecut Monis.

"Hari ini kami berada di sini, kita semua, kami berduka atas kehilangan besar Australia," kata juru bicara Mufti, Sheikh Aref Chaker.

Sementara itu, beberapa pendeta menawarkan konseling kepada mereka yang memerlukan.

Pemimpin Oposisi Bill Shorten juga mengungkapkan keinginannya untuk membuat monumen peringatan permanen.

"Saya berharap kami bisa mengubah peringatan sementara ini menjadi sesuatu yang lebih tahan lama," kata Bill.

Kurang dari 12 jam setelah diumumkan seorang wanita bernama Dawson dan manajer Kafe Lindt Johnson yang disandera Man Haron Monis tewas, banyak orang berbondong-bondong ke memorial dadakan untuk memberikan penghormatan terakhirnya.

Perdana Menteri Tony Abbott dan istrinya Margie juga ikut serta meletakkan karangan bunga di tugu peringatan darurat itu.



Kehabisan stok bunga

Antrean membeli bunga tak seperti biasanya. Pekerja kantoran, wisatawan dan penduduk berbondong-bondong membelinya untuk diletakkan sebagai penghormatan terakhir kepada para korban.

Para pembeli di salah satu kios yang tak jauh dari Martin Place pun terlihat mengantre jauh dari toko bunga itu. Stok bahkan dilaporkan sudah habis sekitar saat makan siang.

Stok bunga di kedua toko yang berada di dekat Martin Palace habis. Pengiriman stok baru pun dilakukan.

George dari sebuah toko bunga mengatakan buket terakhir dijual pukul  11.00. "Karena pukul 07.00 pagi bunga terus dibeli non-stop".

Tak tahu lagi kapan ada stok bunga. "Aku tak tahu kapan akan ada lagi pengiriman," ujar Anthony.

(Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini