Sukses

Akhir Drama Penyanderaan di Sydney, 3 Orang Tewas

3 Orang dinyatakan tewas termasuk penyandera Man Haron Monis. 2 Lainnya yaitu manajer kafe Tori Johnson dan ibu 3 anak Katrina Dawson.

Liputan6.com, Sydney - Selasa (16/12) dini hari tadi letusan senjata terdengar dari dalam Kafe Lindt di Sydney, Australia di mana seorang pria menyandera belasan orang. Sejumlah sandera berlari keluar dari kafe, kemudian polisi menyerbu masuk sambil melepaskan tembakan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (16/12/2014), usai penyerbuan polisi, 3 orang dinyatakan tewas termasuk seorang pelaku yang diindentifikasi sebagai imigran Iran bernama Man Haron Monis.

2 Korban lainnya adalah manajer kafe Tori Johnson dan seorang pengacara sekaligus ibu 3 anak Katrina Dawson. Sementara 4 orang lainnya luka-luka termasuk seorang polisi yang tertembak di bagian wajah.

Polisi menyatakan teror dan penyanderaan di sebuah kafe di Sydney ini berakhir setelah lebih dari 16 jam berlangsung.

Kepolisian New South Wales menyatakan, serbuan dilakukan setelah terdengar letusan dari dalam kafe. Polisi belum menyebutkan apakah 2 sandera tewas akibat tembakan penyandera atau peluru nyasar polisi.

Penyandera Man Haron Monis diketahui tengah bebas bersyarat terkait kasus pembunuhan mantan istrinya. Ia juga pernah dihukum 300 jam pelayanan sosial karena mengirim surat yang berisi kebencian pada keluarga para tentara Australia yang gugur di Afganistan. Selain itu ia juga menghadapi sejumlah tuduhan pelecehan seksual.

Selasa pagi sejumlah warga meletakan bunga di dekat lokasi penyanderaan sebagai bentuk simpati bagi korban. Bendera juga dipasang setengah tiang di gedung parlemen di Canberra. (Nfs/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.