Sukses

JK Terkejut Ada Pendonor Darah Hingga 150 Kali

Mendengar jawabang Sigit, JK dan ratusan tamu yang hadir pun dibuat takjub dan langsung bertepuk tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden yang juga Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) terkejut ketika ada pendonor yg selama hidupnya sudah mendonorkan darahnya sebanyak 150 kali. Adalah Sigit Waliyo pria asli dari Jakarta yang kini berusia sekitar 58 tahun yang sudah melakukannya.

Sigit menjadi salah satu orang yang mendapat penganugerahan sebuah cincin emas bersama dari 17 pendonor lainnya dari PMI, karena sudah mendonorkan 100 kali darahnya berturut-turut.

"Oh ini sudah 150 kali donor darahnya, mulai kapan awal Anda mendonorkan darah Anda?," tanya Jk dalam acara 'Malam Tali Asih & Ramah Tamah Para Pendonor  Darah Sukarela 100 kali & Peserta Munas PMI XX' di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014) malam.

Saat ditanya JK kapan mulai mendonorkan darahnya, Sigit langsung menjawab dengan semangat yakni saat dirinya memasuki pendidikan di perguruan tinggi. "Saat masuk kuliah Pak sekitar tahun 1974. Dulu saya disuruh sama senior di kampus, mahasiswa baru harus donor darah dan terus sampai sekarang," jawabnya girang.

Mendengar jawabang Sigit, JK dan ratusan tamu yang hadir pun dibuat takjub dan langsung bertepuk tangan.

Tak hanya pendonor darah terbanyak, PMI juga memberikan penghargaan cinicin emas tersebut kepada pendonor darah tertua dengan umur 73 tahun. Pria tersebut bernama M Rosyad berasal dari Ulawesi Selatan, meski sudah berumur uzur Rosyad tetap terlihat bugar. JK pun tak luput menanyakan kondisi kesehatan Rosyad.

"Bapak bagaimana kesehatannya, sudah berapa kali medonor darah?," tanya JK kepada Rosyad. "Saya sudah 100 kali Pak donor darah, alhamdulillah sehat nggak pernah masuk rumah sakit," jawab Rosyad.

Dengan mimik muka terkagum-kagum JK pun mengatakan bahwa Rosyad menjadi salah satu contoh sehat bagi orang yang suka mendonorkan darahnya bagi sesama. "Tidak pernah sakit, hebat dan tidak pernah masuk rumah sakit. Kalau kita memberikan sesuatu keikhlasan, maka kebahagiaan dapat dirasakan semua. Ini contoh sehat maka rajin lah donor darah," tandas JK disambut tepuk tangan tamu yang hadir. (Fiq/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.