Sukses

JK Kritik Menteri Marwan Tak Gunakan Bahasa Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara penganugerahan Transmigration Award 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara penganugerahan Transmigration Award 2014 yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Dalam sambutannya, pria yang karib disapa JK itu memberikan kritik atas penghargaan yang tak menggunakan bahasa Indonesia.

"Ini Pak Menteri Marwan saya sarankan diperbaiki ya ke depannya. Pakai Bahasa Indonesia saja yang baik dan benar. Jadi sekalian kita memberikan contoh yang baik," kata JK di gedung Makarti, Jalan Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (15/12/2014)‎.

"Nggak usahlah pakai-pakai bahasa Inggris seperti ini. Kita biasakan memakai bahasa Indonesia saja," imbuh dia.

Menurut JK, jika pun ingin menggunakan bahasa asing, maka harus total. Hal ini lantaran sebelumnya, dalam sambutan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyebut penghargaan itu dengan berkata, 'Transmigrations Award dua ribu empat belas.'

Hal ini menuai kritik dari JK. "Kalau mau bahasa Inggris yang benar harusnya two thousand fourteen," tutur JK.

Penghargaan ini diberikan kepada 19 lembaga. Kategorinya, yakni Makarti Nayotama atau kebijakan yang unggul untuk pemerintah daerah, penghargaan Makarti Pradipa atau Lampu Cahaya yang diberikan kepada media massa, dan penghargaan khusus Makarti Pramati atau Pemerhati Transmigrasi yang tahun ini diberikan kepada PTN.

Hal ini pula yang mendapatkan dapat kritik dari JK.

‎"Walau pun penghargaannya bahasa Inggris, yang diterima bahasa sansekerta, nggak ada bahasa Indonesianya, tolong ke depan diperbaiki, supaya kita pakai bahasa Indonesia yang benar," tandas JK. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini