Sukses

Longsor di Dusun Jemblung Terjadi Setelah 9 Tahun Tragedi Sijeruk

90 Warga meregang nyawa pada bencana longsor yang terjadi di Desa Sijeruk, Banjarnegara pada awal 2006 silam.

Liputan6.com, Banjarnegara - Selang hampir 9 tahun mimpi buruk tanah longsor yang menyapu Desa Sijeruk, Banjarnegara, Jawa Tengah kembali terulang. Jumat 12 Desember 2014 petang Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara juga bernasib sama.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (15/12/2014), hanya dalam hitungan detik, dusun yang dihuni puluhan kepala keluarga itu lenyap ditimbun tanah longsor.

Hingga memasuki hari ketiga, tim SAR dibantu TNI-Polri relawan lain bahu-membahu mengintensifkan pencarian korban. Sejauh ini sudah ada 39 korban yang berhasil ditemukan dari reruntuhan longsor.

36 Di antaranya telah teridentifikasi. Sementara diperkirakan masih banyak korban lain yang tertimbun longsor.

Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono menyatakan, wilayah Banjarnegara memang didominasi titik-titik yang rawan pergerakan tanah. Jika dipetakan, kabupaten tersebut termasuk zona merah rawan bencana tanah longsor.

Berdasarkan peta geologi Kementerian ESDM, wilayah Banjarnegara yang berada di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah terletak di wilayah dataran tinggi. Dikelilingi gunung dan perbukitan. Wilayah tersebut juga banyak ditandai dengan zona kuning dan merah.

Zona merah menjelaskan bila wilayah tersebut sangat rentan terjadinya pergerakan tanah aktif. Dan wilayah Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satunya.

Menyikapi kondisi ini, Pemprov Jawa Tengah menegaskan tidak ada pilihan lain selain proses relokasi harus dilakukan secepatnya. Namun tentunya dialog dengan warga lebih dikedepankan.

Awal 2006 silam, mimpi buruk melanda Desa Sijeruk, Banjarnegara. Bencana itu telah merenggut 90 nyawa warga. Sementara tak sedikit pula yang menderita luka-luka.

Akibat peristiwa mengerikan itu pula, ratusan warga terpaksa hidup di pengungsian. Rumah-rumah mereka telah lenyap ditimbun longsoran tanah.

Posisi Desa Sijeruk sama dengan Dusun Jemblung, Desa Sampang, Banjarnegara yang kini menjadi korban geliat alam. Kedua wilayah itu berada di zona merah yang rentan dengan pergerakan tanah aktif yang menyebabkan terjadinya longsor. Apalagi bila didukung dengan tingginya curah hujan di wilayah tersebut. (Nfs/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini