Sukses

Wilayah Cukup Hijau, Jokowi Bingung Banjarnegara Dilanda Longsor

Banyak versi yang disampaikan membuat Presiden Jokowi harus mengkaji lebih dalam sebelum menyimpulkan penyebab longsor di Banjarnegara.

Liputan6.com, Jakarta - Sehari setelah bencana longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung menuju lokasi longsor. Dia didampingi Ibu Negara Iriana Widodo melihat langsung proses evakuasi yang dilakukan petugas gabungan itu.

Usai melakukan peninjauan, Jokowi mengaku heran terjadi longsor. Sebab lokasi longsor sudah cukup pepohonan.

"Kalau saya lihat tadi di lokasi sebetulnya dari sisi vegetasi, dari sisi lingkungan itu sudah sangat hijau," ujar Jokowi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (14/12/2014) malam.

Hal itu pula yang membuat Jokowi belum bisa memastikan penyebab terjadinya longsor. Dia juga sudah menanyakan kepada para petugas yang ada di lokasi.

"Ini yang saya tanyakan dan ini yang belum terjawab kenapa bisa tiba-tiba begitu, area yang luas bisa tertutup," lanjut dia.

Presiden bertubuh kurus itu memang sudah mendapatkan jawaban terkait penyebab terjadi longsor. Hanya saja, banyak versi yang disampaikan membuat dia harus mengkaji lebih dalam sebelum menyimpulkan.

"Saya belum bisa menjawab karena tadi ada yang ngomong ini, ngomong ini. Jadi saya belum bisa menyimpulkan," tutup Jokowi.

Sejak bencana tanah longsor menimpa kawasan Banjarnegara, Jawa Tengah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sudah 32 orang tewas. Sedangkan 76 orang lainnya diperkirakan masih tertimbun lumpur.

Longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah ini terjadi pada Jumat 12 Desember lalu menjelang magrib. Akibatnya, 1 dusun tertimbun longsor. (Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini