Sukses

Gerindra Jadi Partai Paling Transparan Versi KIP

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan, negara penganut demokrasi maka Indonesia harus mengedepankan transparansi informasi publik.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra menjadi partai yang paling unggul soal keterbukaan informasi publik. Partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu pun mendapat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.
 
"Dari kategori parpol, karena hanya 4 yang mengirimkan. PAN dengan skor 16, PKB dengan skor 22, PKS dengan skor 31, dan Gerindra dengan skor 57," kata Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Abdulhamid Dipopramono di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (12/12/2014).
 
Sementara JK mengatakan, sebagai negara penganut demokrasi maka Indonesia harus mengedepankan transparansi informasi publik. Cara mudah untuk menunjukkan keterbukaan informasi publik adalah memiliki website atau laman resmi berisi informasi.
 
"Website dari pada masing-masing, karena sekarang ini masyarakat sudah sangat paham arti dari informasi. Juga perlu dicek di lapangan apakah sudah sesuai," imbuh JK.
 
Pada kesempatan berbeda anggota Dewan Pertimbangan Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan, keterbukaan publik merupakan bentuk komitmen sejak awal partai tersebut didirikan.
 
"Kami sangat berbangga dan berterima kasih atas penghargaan ini, yang pasti akan memacu semangat Partai Gerindra untuk terus menjadi partai yang terbuka,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.
 
“Cita-cita menjadikan Indonesia negara yang bermartabat, maju dan modern membutuhkan keterbukaan dan kejujuran. Usaha menuju ke arah itu, sedikit demi sedikit harus dimulai dari diri sendiri,” pungkas Hashim.
 
KIP melakukan penelitian dan penilaian terhadap 6 kategori, yaitu Kementerian, Lembaga, BUMN, Partai Politik, Perguruan Tinggi Negeri dan Propinsi selama setahun. 

Pada 2013 lalu, Partai Gerindra juga telah memperoleh penghargaan dari lembaga Transparansi Internasional Indonesia (TII), sebagai partai yang memiliki indeks transparansi pendanaan yang tertinggi. (Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.