Sukses

Bangkai Kapal Nazi Bisa Seperti Titanic?

Penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut berhasil menemukan kapal selam U-Boat 168 milik pasukan Nazi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut berhasil menemukan kapal selam U-Boat 168 milik pasukan Nazi, Jerman yang karam di kedalaman 25 meter Laut Jawa. Menanggapi temuan itu, pemerintah kini dihadapkan oleh 3 pilihan.

Seperti yang diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais. "Pertama, apakah kapal itu mau dijadikan tempat wisata sejarah seperti halnya Titanic dan lainnya," kata politisi PAN itu melalui pesan singkatnya di Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Atau yang kedua, kata dia, pilihannya mengangkat bangkai kapal tersebut. Kemudian melestarikan bagian kapal yang tersisa itu. Menurut Hanafi, kapal yang kini hanya tersisa sekitar 30 meter bagian depannya saja itu bisa dijadikan sebagai bagian Museum Nasional.

"Pilihan ketiga, mendiamkan bangkai kapal selam (berikut tengkorak awak kapal, jika ada) di tempat aslinya," ucap putra Amien Rais itu.

Tapi dengan catatan, sambung dia, pemerintah wajib memelihara bangkai kapal yang berada sejauh 98 mil laut atau 181.496 kilometer dari Kepulauan Karimun Jawa itu. Dan menjaganya agar tak dicuri oleh pihak lain.

Kopaska menemukan bangkai kapal selam Nazi itu dalam ekspedisi pada 30 Mei-1 Juni 2014 bersama komunitas sejarah dari Surabaya. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini