Sukses

Puluhan Pasangan Pengantin Ucap Janji Suci di Atas Punggung Gajah

Iring-iringan gajah mengawali perarakan 30 pasangan yang mengikuti nikah massal dari berbagai daerah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Seperti apa rasanya melakukan akad nikah di atas punggung gajah atau di atas perahu? Pengalaman unik ini dirasakan puluhan pasang pengantin peserta nikah massal di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (11/12/2014), iring-iringan gajah mengawali arak-arakan 30 pasangan yang berasal dari berbagai daerah, seperti yang terlihat dari busana penganten yang dikenakannya. Baik tua, muda, bahkan pasangan tuna netra juga tak ingin melewatkan pengalaman unik ini.

Meskipun nikah massal, acara ini tidak kalah dengan hajatan pernikahan lain. Foto pre-wedding masing-masing pasangan dipajang di kebun binatang ini. Para calon pengantin bahkan berpose mesra bersama berbagai jenis hewan koleksi Kebun Binatang Gembira Loka.

Tidak cukup sampai di situ, akad nikah pun digelar unik. Kedua pasangan mengucapkan ijab qobul di hadapan penghulu dari atas punggung gajah dan mereka pun menjadi saksi pasangan ini mengikat janji.

Selain itu ada pula pasangan yang bersumpah sehidup semati dari atas perahu. Di atas perahu yang sesekali bergoyang mereka resmi mengarungi bahtera rumah tangga.

Pernikahan massal ini merupakan wujud layanan sosial Kebun Binatang Gembira Loka dengan Dinas Sosial bersama Paguyuban Rias Pengantin di Yogjakarta dalam rangka menyambut Hari Kesetiakawanan Nasional yang jatuh pada 20 Desember mendatang.

Usai prosesi akad nikah, ke 30 pasang pengantin yang telah resmi menjadi suami istri ini diajak berkeliling dengan perahu sebagai simbol kesiapan mengarungi bahtera rumah tangga. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.