Sukses

Aksi Mahasiswa di Bandung dan Malang Pada Hari HAM Sedunia

Dalam aksinya, mahasiswa bergantian berorasi menuntut pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM.

Liputan6.com, Bandung - Para mahasiswa asal Papua yang sedang belajar di kota Bandung berjalan kaki mendatangi Kompleks Gedung Sate di Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (10/12/2014), aksi yang bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, sekaligus protes tindakan kekerasan militer di Paniai 1 Desember lalu.

Dalam aksinya di bawah pengawalan polisi, mereka bergantian berorasi menuntut pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM itu.

Sementara itu, peringatan Hari HAM Sedunia di kota Malang, Jawa Timur diwarnai bentrok antara polisi dan mahasiswa. Kejadian itu dipicu oleh sikap aktivis Aliansi Mahasiswa Malang yang memaksa masuk ke dalam Gedung DPRD Kota Malang.

Tak hanya soal pelanggaran HAM, pengunjuk rasa juga mengusung isu penolakan kenaikan harga BBM. Selain itu, mereka mendesak pemerintah agar menegakkan hukum bagi pelanggar HAM.

Dalam hal itu juga termasuk aksi kekerasan yang masih kerap dilakukan aparat terhadap mahasiswa dan wartawan. Seorang pria yang diduga sebagai pemicu kericuhan diamankan oleh polisi. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini