Sukses

Demo Buruh Bubar, Lalin Bundaran HI Lancar

Sebelum bubar, para buruh ini melakukan aksi terakhir. Mereka berdemo dengan 'tawaf' mengelilingi Bundaran HI.

Liputan6.com, Jakarta - Unjuk rasa para buruh yang dilakukan di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta telah selesai. Demo buruh bubar, jalanan pun lancar.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (10/12/2014), para buruh yang tergabung dalam beberapa organisasi itu membubarkan diri sekitar pukul 17.15 WIB. Mereka bubar secara teratur dan tetap mendapat pengawalan petugas kepolisian.

Hanya beberapa saat usai buruh membubarkan diri, arus kendaraan, baik dari arah Jalan MH Thamrin maupun Jalan Jenderal Sudirman tampak langsung lancar. Para petugas polisi sibuk mengatur arus kendaraan agar tidak terjadi kemacetan.

Sementara para buruh membubarkan diri menggunakan bus dan sepeda motor. Mereka pulang melalui Jalan Imam Bonjol.

Sebelum bubar, para buruh ini melakukan aksi terakhir. Yakni 'tawaf' mengelilingi Bundaran HI. Mereka tawaf sebanyak 3 kali untuk menutup demo buruh hari ini.

Sementara itu, ratusan poli‎si dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Polsek Tanah Abang, dan Polsek Menteng juga diterjunkan untuk mengamankan aksi buruh di Bundaran HI ini.

Dalam aksi ini, sejumlah tuntutan disuarakan para buruh. Di antaranya menolak kenaikan harga BBM bersubsidi, melawan politik upah murah, hentikan represifitas TNI/Polri dan adili pelanggar HAM, serta lawan pasar bebas.

Demo buruh ini juga digelar serentak di 12 provinsi, yaitu Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Surabaya), Banten (Serang), Aceh, Kepulauan Riau (Batam), Sumatera Utara (Medan), dan Gorontalo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.